gravatar

Kenapa harus mengheningkan cipta pada 10 November ?

Besok adalah hari pahlawan yaitu tanggal 10 Nopember. Kalo kita disuruh mengingat sejarah, pada waktu itu tanggal 10 Nopember 1945 di pagi hari telah terjadi suatu kejadian yang luar biasa di Surabaya. Surabaya digempur tentara Inggris dengan pengeboman udara dari pesawat juga serangan meriam dari laut dan darat yang memborbardir Surabaya. Benar-benar suatu kejadian yang tidak patut dilupakan karena saat itu rakyat Indonesia sedang berjuang untuk mempertahankan kemerdekaannya dari serangan tentara sekutu yang turut juga disitu tentara Belanda yang hendak menjajah kembali bangsa Indonesia.

Sungguh kejadian yang sangat mengerikan. Waktu itu pasukan Inggris membombardir Surabaya dari pagi hingga tengah malam. Banyak korban jiwa berjatuhan. Mayat ada dimana-mana. Korban dari Indonesia yang jatuh ditaksir sekitar 16.000 orang sementara Inggris telah kehilangan sekitar 1500 prajuritnya. Kalau kejadian terjadi sekarang bisa jadi negara Inggris akan terkena tuntutan pelanggaran HAM karena telah membunuh begitu banyak manusia. Peristiwa perang di Surabaya itu telah menggerakkan perlawanan rakyat di seluruh Indonesia untuk mengusir penjajah dan mempertahankan kemerdekaan.

Karena itu besok 10 November, rakyat Indonesia dihimbau untuk mengheningkan cipta selama 60 detik yang dimulai pukul 08.15 WIB. Kita mengheningkan cipta untuk mengingat jasa pahlawan dimana pada waktu pagi itu para pejuang kita rela berkorban demi negara tercinta ini. Kita ingat bagaimana bom-bom dan senjata-senjata sekutu menghujami tubuh mereka tapi mereka tidak takut dan tetap melawan. Tak bisa dibayangkan bagaimana kalau kita berada pada situasi seperti itu. Membayangkan saja kita sudah bergetar. Untuk itu diharapkan juga kita mendoakan mereka semoga Allah SWT mengampuni segala dosa mereka dan menerima pahala mereka. Bisa jadi mereka semua yang tewas demi negara dan agamanya itu menjadi para syuhada. Amin...

Ingatlah isi pidato Bung Tomo ini:

Dan untuk kita saudara-saudara
lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka
semboyan kita tetap: merdeka atau mati!

Dan kita yakin saudara-saudara
pada akhirnya pastilah kemenangan akan jatuh ke tangan kita
sebab Allah selalu berada di pihak yang benar
percayalah saudara-saudara
Tuhan akan melindungi kita sekalian

Allahu Akbar! Allahu Akbar! Allahu Akbar!
MERDEKA!!!

Baca juga: Mengenang peristiwa 10 november 1945

Kunjungan perdana,Sob.....
Mari kita sama2 mengheningkan cipta untuk mengingat jasa2 para pahlawan.... :)

iya disekolah juga ada acara khusus untuk hari Pahlawan ini....

Selamat Hari Pahlawan.
Tentu mengheningkan cipta untuk berdoa, mendoakan arwah para pejuang yang telah gugur

merdeka atau mati.. sungguh besar pengorbanan para pahlawan.. mari lanjutkan perjuangan mereka meskipun bukan angkat senjata....

Untuk mereka semua yang telah berkorban jiwa dan raga demi kemerdekaan bangsa ini, semoga Allah memberikan tempat terbaik. Amin.

kunjungan perdana sob, dengan hari Pahlawan marilah kita tingkatkan jiwa nasionalis dan patriotisme, dan semoga Indonesia semakin pesat perkembangannya sehingga segera menjadi negara maju

kunjungan perdana sob :) sambil bca2
visit n koment back y dblogq :)
sekalian follow blogq y nanti ak folback

kunjungan siang sbo =))

Izin Singgah Di Blog Mu Yang Keren ini Ya Kawand..


#Don't Forget Coment Back..

pas banget nih hari ini.. :D memperingati para pahlawan.. :D

Mari kita merenung, kenapa indonesia itu merdekanya lama? mungkin karena banyak penghianatnya? kenapa indonesia majunya lama? mungkin karena juga banyak penghianatnya? mari kita hening sejenak untuk merenungkannya.

sayang sekali di jaman sekarang ini nasionalisme remaja dan pemuda semakin luntur. aku sangat apresiatif sekali dengan artikel di atas. Klise memang tapi Memperingati Hari Pahlawan itu memang penting.. trims 4 sharing :)

kunjungan tengah malam gan..

terimakasih padamu pahlawan, tanpa jasa-mu maka kami-pun takkan ada

kemarin ikut mengheningkan cipta juga kan...?

bkan harus lg ma itu wajib bgi kita..
mengenang para pahlawan kita untuk memperjuangkan bangsa ini..

MERDEKA !!!!

saya tidak ikut upaca kemaren sob...

oh ya follow sukses sob...

Selamat hari pahlawan!
#telat

Tapi sulit menerapkan gerakan mengheningkan cipta secara serempak pada jam tertentu terkait dengan aktivitas warga yang berbeda-beda. Selamat hari pahlawan!

karena untuk mengenang jasa para pahlawan.. tp ngomong-ngomong lagu ini memang bikin merindng.

pidato bung tomo menggunggah jiwa

You made some good points .I did a little research on the topic and found that most people agree with your blog. Thanks.minicab in w2



Percetakan
Toko tanaman online
Jual bermacam-macam tanaman
Kebunbibit.id

Template Toko Online
Template Wordpress khusus bagi Anda yang ingin membuat Toko Online
www.oketheme.com

Online Shopping @ LAZADA
Belanja online elektronik, fashion, HP, tablet, laptop, komputer
www.lazada.co.id

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting dan domain Murah
www.niagahoster.co.id

Ads by friendblogger