gravatar

Mengenang peristiwa 10 November 1945

Peristiwa 10 November 1945 atau dikenal sebagai “Battle of Surabaya” merupakan peristiwa sejarah perang antara Indonesia melawan Sekutu yakni Inggris dan Belanda.

Berikut sekilas sejarah peristiwa 10 Nopember 1945 Surabaya. Setelah kekalahan pihak Jepang, rakyat dan pejuang Indonesia berupaya melucuti senjata para tentara Jepang. Tapi tantangan rakyat dalam membebaskan diri dari penjajah belum selesai. Tanggal 15 September 1945, tentara Inggris mendarat di Jakarta, kemudian mendarat di Surabaya pada tanggal 25 Oktober 1945.

Tentara Inggris datang ke Indonesia tergabung dalam AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) atas keputusan dan atas nama Blok Sekutu, dengan tugas untuk melucuti tentara Jepang. Tapi ternyata ada maksud lain dari tentara Inggris. Bahwa langkah Inggris di Indonesia, sebenarnya hanya untuk memuluskan jalan bagi Belanda untuk kembali berkuasa di Indonesia. Rakyat Surabaya mencurigai kedatangan Inggris sebagai usaha membantu mengembalikan kolonialisme Belanda di Indonesia.

Pada 19 September, serombongan pemuda menyobek bendera Merah-Putih-Biru, yakni warna birunya, sehingga menjadi merah-putih yang berkibar di atas hotel Yamamoto (Oranye), tempat beberapa perwira Belanda tinggal.
Pada pagi 27 Oktober, sebuah pesawat Inggris menyebarkan pamflet yang isinya perintah agar rakyat Surabaya khususnya Jawa Timur pada umumnya untuk menyerahkan senjata yang dirampasnya dari Jepang. Rakyat Surabaya memilih untuk menjawab ancaman itu dengan perlawanan. Terjadi bentrokan-bentrokan bersenjata di Surabaya sehingga menyebabkan terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby.

Tanggal 9 November 1945 Inggris mengeluarkan ultimatum “.... semua pimpinan bangsa Indonesia dari semua pihak di kota Surabaya harus datang selambat-lambatnya tanggal 10 November 1945 pukul 06.00 pagi, pada tempat yang telah ditentukan dan membawa bendara Merah Putih dengan diletakkan di atas tanah pada jarak seratus meter dari tempat berdiri, lalu mengangkat tangan tanda menyerah. Jika tidak ditaati maka pihak Inggris akan menggempur kota Surabaya dari darat, laut dan udara.

Pada 10 November pagi, tentara Inggris mulai melancarkan serangan berskala besar, yang diawali dengan bom udara ke gedung-gedung pemerintahan Surabaya, dan kemudian mengerahkan sekitar 30.000 infanteri, sejumlah pesawat terbang, tank, dan kapal perang. Berbagai bagian kota Surabaya dibombardir dan ditembak dengan meriam dari laut dan darat.

Tentara Inggris membombardir Surabaya hingga tengah malam. Akibatnya ribuan orang (mayoritas rakyat sipil) tewas seketika. Korban dari Indonesia yang jatuh ditaksir sekitar 16.000 orang sementara Inggris telah kehilangan sekitar 1500 prajuritnya. Seorang penulis bernama David Wehl menyatakan bahwa sejak 10 November 1945, Surabaya menjadi lautan api dan mayat. Inggris menyebut Perang Surabaya sebagai perang yang terberat pasca Perang Dunia II. Surat kabar New York Times (edisi 15 November 1945) bahkan mengutip kata-kata para serdadu Inggris yang menyebut "The Battle of Surabaya" sebagai "inferno" atau neraka di timur Jawa. Peristiwa yang terjadi pada 10 November 1945 ini sering diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Tokoh Indonesia yang terkenal pada peristiwa 10 Nopember 1945 adalah Bung Tomo. Bung Tomo, adalah pahlawan yang terkenal karena peranannya dalam membangkitkan semangat rakyat melalui corong radionya Radio Barisan Pemberontak Republik Indonesia (BPRI).

Salah satu petikan isi pidato Bung Tomo:

Dan untuk kita saudara-saudara
lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka
semboyan kita tetap: merdeka atau mati!

Dan kita yakin saudara-saudara
pada akhirnya pastilah kemenangan akan jatuh ke tangan kita
sebab Allah selalu berada di pihak yang benar
percayalah saudara-saudara
Tuhan akan melindungi kita sekalian

Allahu Akbar! Allahu Akbar! Allahu Akbar!
MERDEKA!!!

Bangsa ini perlu lagi memupuk dan menumbuhkan jiwa nasionalis patriotik seperti mereka dulu. Apalagi, musuh yang kita hadapi sekarang jauh lebih berat daripada musuh jaman dulu. Serangan yang menggerogoti kedaulatan NKRI datang dari luar dan dalam negeri, bahkan dari pemimpin negeri yang korup.

Walaupun saya tau, itu susah banget.

selamat hari pahlawan.
semoga kita bisa meneruskan perjuangan mereka.

pelajaran sejarah seperti ini sekarang masuk kurikulum gak sih?

salam sahabat
maaf telat mas,ehm hampir lupa hari dan peristiwa 10 november mas ,dari postingan ini mengingatkan kita jerih payah para pahlawan dimana pada zaman sekarang tinggal enak dan saking keenakkan peristiwa yang luar biasa tersebut dianggap sekelrip mata terbukti dengan keadaan bangsa sekarang mas.good luck

peristiwa besar tersebut memang pantas untuk dikenang,...untuk merasuki semangatnya.

@Agung Pushandaka:yg susah kalau musuhnya dari dalam sendiri
@gp :ayo berjuang
@narti :harus itu
@Dhana/戴安娜:ya kita jangan lupa jasa pahlawan
@aryadevi :bukan pantas lagi tapi wajib

Jadi mengingat kembali zaman sejarah...

jadi teringat pelajaran sejarah dulu,,,
seharusnya kita bisa mengambil pelajaran dari ini semua,,
salam,

selamat hari pahlawan kawand.
Salam buat Bung TOMO

Selamat hari Pahlawan sobat.....
"MERDEKA....."

@ariesyani :MEngingat sejarah bisa membangkitkan nasionalisme kita
@masyhury :Tidak hanya dipelajari tapi bisa juga untuk dicontoh
@Tomo :Gimana salamnya sob he he.. Semoga Tomo yang ini juga punya semangat seperti Bung Tomo 1945 itu
@Ella :Para pahlawan adalah teladan yang baik
@Teras Info:Selamat hari pahlawan juga

selamat hari pahlawan.
semoga para pemuda kembali semangat dan berjuang untuk indonesia yang lebih maju lagi.
Bali Villas Bali Villa

Selamat hari pahlawan frend ..
semoga lebih banyak lagi pahlawan" muda yang muncul di Negara Ini :D

Seandainya masih ada pemimpin seperti bung Tomo dimasa sekarang, pastilah bangsa kita lebih punya harga diri

ini pidatonya

http://www.youtube.com/watch?v=zm_XZWHhayA

nice post mas.......

salam knl ya.......

jika berkenan sialhakn mmapir balik.....



Toko tanaman online
Jual bermacam-macam tanaman
Kebunbibit.id

Template Toko Online
Template Wordpress khusus bagi Anda yang ingin membuat Toko Online
www.oketheme.com

Online Shopping @ LAZADA
Belanja online elektronik, fashion, HP, tablet, laptop, komputer
www.lazada.co.id

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting dan domain Murah
www.niagahoster.co.id

Ads by friendblogger