gravatar

Ini dia 4 Unicorn di Indonesia

Istilah Unicorn sempat menjadi topik di Debat Pilpres 2019 kemarin 17 Februari 2019. Arti Unicorn yang dimaksud pada debat tersebut adalah perusahaan startup yang telah memiliki valuasi sebesar US$ 1 miliar.  Istilah startup sendiri merupakan perusahaan rintisan atau baru berkembang.  Bisnis startup ini lebih identik dengan bisnis online yang berbau teknologi, web, dan internet.

Jadi betul kata Pak Prabowo, Unicorn maksudnya yang online-online itu. Unicorn ini merupakan perusahaan yang banyak bergerak secara online. Istilah unicorn diciptakan pada 2013 oleh Aileen Lee, pendiri perusahaan modal ventura Cowboy Ventures.

Startup yang  valuasinya sudah lebih dari 1 miliar dolar AS disebut sebagai Unicorn. Jika dikonversi ke rupiah dengan nilai tukar sekarang, valuasinya mencapai Rp 14,1 triliun.

Ada  empat startup unicorn yang berasal dari Indonesia yaitu GOJEK, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak.

Tokopedia
Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya pada tahun 2009.  Valuasi Tokopedia saat ini diperkirakan sudah mencapai sekitar $7 miliar.  Investor Tokopedia yaitu Alibaba Group dari China, Softbank Grup dari Jepang, dan Sequoia Capital dari India.

GOJEK
Gojek didirikan oleh Nadiem Makariem pada tahun 2010.  valuasi Go-Jek saat ini ditaksir mencapai US$4,8 miliar. Investor Gojek adalah Tencent Holdings, JD.com, New World Strategic Invesment dari China, Google dari AS, Temasek Holdings dan Hera Capital dari Singapura, dan Astra International dan GDP Ventures dari Indonesia.

Traveloka
Traveloka didirikan oleh Ferry Unardi pada tahun 2012. Traveloka kini telah mencapai nilai valuasi lebih dari US$2 miliar.  Investor Traveloka adalah Expedia, GFC dan Sequoia Capital dari AS, Hillhouse Capital dan JD.com dari China.

Bukalapak.
Bukalapak didirikan pada 10 Januari 2010 oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Fajrin Rasyid. Bukalapak memiliki nilai valuasi di atas US$ 1 miliar. investor Bukalapak adalah Ant Financial dari China, Mirae Asset dan Naver Asia dari Korea Selatan, GIC dari Singapura, dan Emtek Grup dari Indonesia


Selain istilah Unicorn juga ada istilah lainnya. Ada istilah Decacorn yaitu perusahaan teknologi yang bernilai 10 miliar dolar.  Selain itu ada istilah Hectocorn yaitu perusahaan teknologi yang bernilai lebih dari 100 miliar dolar.


Baca juga:
https://kumparan.com/@kumparantech/setelah-unicorn-ada-juga-istilah-startup-decacorn-dan-hectocorn-1550459374118863620
https://www.cnbcindonesia.com/fintech/20190218070458-37-56051/deretan-investor-asing-di-balik-unicorn-kebanggaan-jokowi
https://www.wartaekonomi.co.id/read204614/ini-dia-daftar-startup-unicorn-indonesia-serta-nilai-valuasinya.html

Wooow. Kalau bukalapak kemarin sudah disuruh uninstall bang hehe.



Percetakan
Toko tanaman online
Jual bermacam-macam tanaman
Kebunbibit.id

Template Toko Online
Template Wordpress khusus bagi Anda yang ingin membuat Toko Online
www.oketheme.com

Online Shopping @ LAZADA
Belanja online elektronik, fashion, HP, tablet, laptop, komputer
www.lazada.co.id

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting dan domain Murah
www.niagahoster.co.id

Ads by friendblogger