gravatar

Selamat tanggal 29 Februari

Hari ini tanggal 29 Februari 2016. Kita hanya menemui tanggal 29 Februari ini hanya 4 tahun sekali. Tahun 2016 merupakan tahun Kabisat yang dimana jumlah harinya adalah 366 hari. Beda tahun kabisat dengan tahun lainnya adalah jumlah harinya di bulan Februari yang berjumlah 29 hari dimana tahun biasa jumlah harinya hanya 28 saja di Bulan Februari. Untuk alasan kenapa bulan Februari bisa 28 dan bisa 29 hari? bisa baca link ini.

Zaman dulu bulan Februari ini merupakan bulan terakhir di penanggalan Masehi dan bukan bulan ke-2 seperti sekarang. Bahkan sebelumnya bulan Februari tidak ada. Penanggalan Romawi Kuno sempat hanya punya 10 bulan saja dalam satu tahun dimana Maret jadi bulan pertama dan Desember jadi bulan ke-10 (Deka atau Desi = "sepuluh"). Baru pada tahun 700 SM, ada penambahan bulan Januari dan Bulan Februari. Pada masa itu bulan Februari merupakan bulan ke-12 atau terakhir. Dulu penanggalan itu juga masih belum sempurna karena tidak sesuai dengan keadaan alam dan pergantian musim. Pada masa Kaisar Julius Caesar, kemudian diubah lagi penanggalan Romawi tersebut dan ada penambahan hari.  Caesar menambahkan 67 hari pada tahun 45 SM sehingga tahun 46 SM dimulai pada 1 Januari. Sehingga bulan Maret yang tadinya merupakan bulan pertama menjadi bulan ketiga. Sementara Januari jadi bulan pertama dan Februari jadi bulan ke-2. Namun kalender itu juga masih belum sempurna juga sehingga ada kalender Gregorian.  Kalender Gregorian adalah kalender Masehi yang ditetapkan Paus Gregorius XIII pada tahun 1582.

Kini kita menikmati tanggal 29 Februari di setiap tahun Kabisat. Kalau mau yang nikah bisa nih jadi tanggal yang bagus.. Jadi nanti perayaan ulang tahun pernikahaannya bisa cuma 4 tahun sekali aja :D..  

selamat tanggal 29 Februari 2016!.. sukses selalu di musim hujan :)

Wah iya nih, ternyata sekarang berada ditahun kabisat, nggak ngeh malahan, hehehe...

Yang lahirnya ditanggal itu kasihan dong ya. Ulang tahunnya 4 tahun sekali.. :D

tanggal langka, datangnya 4 tahun sekali :D



Percetakan
Toko tanaman online
Jual bermacam-macam tanaman
Kebunbibit.id

Template Toko Online
Template Wordpress khusus bagi Anda yang ingin membuat Toko Online
www.oketheme.com

Online Shopping @ LAZADA
Belanja online elektronik, fashion, HP, tablet, laptop, komputer
www.lazada.co.id

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting dan domain Murah
www.niagahoster.co.id

Ads by friendblogger