gravatar

Cara supaya kuat puasa tidak mudah haus dan lapar

Sudah beberapa hari ini umat Islam menjalankan puasa. Puasa memang butuh fisik yang kuat dan juga trik supaya kuat puasa.
Ini cara yang saya pakai supaya tidak lemas ketika puasa:
Ketika waktu sahur
- Niat puasa jangan sampai lupa dan tujuan kita puasa harus tahu jadi jangan puasa karena hal lain tapi niat puasa karena Allah SWT.
- Berdoa minta dikuatkan dalam puasa jangan sampai lupa..
- Waktu sahur dioptimalkan mungkin, supaya asupan gizi selama puasa kita cukup. Makan-makanan yang bergizi namun jangan yang terlalu banyak asin atau bumbu. Yang pedas juga jangan karena bisa bikin cepat haus. Makannya yang bisa berupa sup atau soto biar gampang masuknya juga.
-Pas akhir waktu sahur atau pas dekat imsak saya biasanya minum air putih tiga gelas.  Minumnya pas akhir waktu sahur ini jangan yang manis tapi air putih saja. Mengakhirkan sahur itu ternyata sunnah juga lho.

Ketika pagi sampai Dhuhur
- pas pagi sampai siang jangan terlalu banyak kegiatan yang tidak perlu. Kalau bisa ibadah sampai waktu dhuhur.. shalat dhuha, ngaji atau apa..  Kalau yang kerja atau di tempat ramai usahakan jangan terlalu banyak bicara yang enggak penting apalagi ngegosip he he.. Disamping mengurangi pahala bisa bikin cepat haus kalau kebanyakan ngomong.

Ketika setelah dhuhur sampai Ashar
- Siangnya setelah dhuhur biasanya kan udara panas apalagi di Jakarta. Ya jangan keluar pas panas ini kalau enggak perlu banget.. Bisa mendinginkan juga dengan cuci muka atau mengguyur kepala.
Nabi Muhammad SAW ternyata juga pernah menyiramkan air ke kepalanya di saat berpuasa.
“Sungguh-sungguh aku pernah melihat Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam di al-Araj menyiramkan air ke atas kepalanya padahal Beliau sedang puasa, karena kehausan atau udara panas”. [HR. Abu Dawud: 2365 dan Ahmad: V/ 376. 380, 408, 430. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih, sebagaimana di dalam Shahih Sunan Abu Dawud: 2072].


- Pada pertengahan hari ini juga bagus buat tidur siang. 
Tidur siang juga ini ternyata sunnah juga/ Ada hadistnya:
“Tidur sianglah kalian, sebab setan itu tidak tidur siang.” (Hadis hasan. Lihat ash-Shahihah, no. 1647, Shahihul Jami’, no. 4431)
Tapi tidurnya jangan kebabalasan sampai ashar ya.. Istirahat sebentar saja.. Pas setelah Shalat Ashar jangan tidur, nanti malah makin lemes.


Setelah waktu Ashar
- Nah biasanya waktu setelah Shalat Ashar ini waktu lemes-lemesnya ya dan godaannya semakin kuat apalagi ngelihat santapan berbuka sudah siap.. Udaranya masih panas tapi waktu berbuka masih beberapa jam lagi.. Enaknya sih pas setelah Ashar ini mandi sore supaya badan jadi dingin dan seger. Ini juga bisa mengatur suhu tubuh kita yang panas. Bagus juga waktu setelah Ashar ini dipakai ibadah mengaji Alquran sambil menunggu magrib.
Kalau masih di perjalanan misalnya pas pulang kerja dan takut enggak kekejar magrib di jalan baiknya cari mesjid yang takjilnya lumayan enak aja :).. Sambil menunggu puasa di mesjid itu bisa mengaji atau istirahat sambil menunggu waktu berbuka. Daripada stress di jalan enggak kekejar magrib he he..
-Pas magrib usahakan segera berbuka jangan ditunda supaya tenaga cepat balik lagi..

Ya itu aja sih .. Mungkin cara teman-teman berbeda dalam menjalankan ibadah puasa..


O.. iya ini ada hadist yang bisa membuat kita semakin semangat dalam menjalankan ibadah puasa..


"Di surga ada delapan pintu. Di antaranya ada pintu yang dinamakan Ar-Rayyan. Tidak dibolehkan memasukinya kecuali orang-orang yang berpuasa." (HR. Bukhari, no. 3017)

Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi” (HR. Muslim no. 1151).

tidur di waktu siang di bulan ramadhan sama saja ibadah ya mas :)

Terimakasih mas tipsnya
btw itu yang nyiram pake air baru tau ada hadist'a

terimakasih sudah berbagi tips dan trik...
semoga puasa kita lancar sampai magrib tiba :)

kalau abis ashar mending mandi terus keluar rumah, kalau dirumah terus yia itu takut ngeliat santapan berbuka...

kemarin saya sahur di akhir waktu, dengan bubur oat (tinggi serat), sampai siang masih terasa kenyang.

kalo siangnya berasa gak tahan panasnya, boleh guyurin kepala, keramas, di bawah shower ... adheeem.

terimakasih mas tipsnya. Ramadhan Mubarak.

kalau cara saya berbeda bang. saya agar kuat puasa dengan ngeblog, atau browsing hehe

Kalo udah jam 5 sore rasanya enak, tinggal nonton tv nunggu beduk magrib :)

kalo di daerah saya di tasikmalaya justru sebaliknya, disini cuacanya bener2 dingin, jadi kalo pas lagi puasa pengen nya tidur terus, terasa banget lapernya hehe

kaget kaget kaget.. layoutnya keren banget hihii.. ta kirain salah buka tab laman facebook, ternyata blog :p naksir diih..

sekarang komen postingannya: makasih infonya gan! :p

Kalo udah Ashar tinggal ngabuburit pasti ga bakal terasa hahaha :D

tetap beraktifitas .. :)

ngabuburit sering dilakukan para remaja heheh

kalau setelah asar baiknya di bawa mandi dulu baru beraktifitas ringan, seperti jalan dan belanja keperluan buka puasa...atau lah raga ringan dengan bersepeda juga bisa menyehatkan kembali stamina yang sudah loyo....

Dari jam 08:00 s.d 16:00 saya bekerja dan setelah itu saya mandi lalu menonton tv sebentar kemudian menyiapkan menu buka puasa. Udah deh kegiatan sehari-hari segitu dan itu tidak membuat saya loyo ataupun haus :)

musimnya lagi panas nih Bro, cuma bagusnya waktu puasa sekarang lumayan pendek

musimnya lagi panas nih Bro, cuma bagusnya waktu puasa sekarang lumayan pendek

musimnya lagi panas nih Bro, cuma bagusnya waktu puasa sekarang lumayan pendek

Selamat berpuasa untuk yang menjalankan ibadah puasa.

Kalok aku sih tiduuuur terus :P

emang yang paling berat ketika berpuasa yaitu pada waktu habis dhuhur, mas. karena udaranya memang panas sekali. mudah mudahan bagi yang menjalankan puasa dapat tetap fokus dan bisa sampai akhir ramadhan.

semangat harihari terakhir ramadhan



Toko tanaman online
Jual bermacam-macam tanaman
Kebunbibit.id

Template Toko Online
Template Wordpress khusus bagi Anda yang ingin membuat Toko Online
www.oketheme.com

Online Shopping @ LAZADA
Belanja online elektronik, fashion, HP, tablet, laptop, komputer
www.lazada.co.id

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting dan domain Murah
www.niagahoster.co.id

Ads by friendblogger