gravatar

Daftar Hari-hari besar umat Islam

Tadi saya habis lihat kalender 2015 kepikiran buat nulis ini tentang hari-hari besar umat Islam. Ada dua hari besar yang wajib dirayakan umat Islam yaitu Hari raya Idul Fitri dan hari raya Idul Adha. Namun selain itu ada hari-hari lain yang diperingati umat Islam.

Kalau dalam kalender yang berlaku di Indonesia, ada 5 tanggal merah yang menjadi hari besar umat Islam, yaitu: 
Maulid Nabi Muhammad SAW
Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW
Hari Raya Idul Fitri
Hari Raya Idul Adha 
Tahun Baru

Sebenarnya selain itu ada hari-hari lain yang diperingati atau diingat sebagai hari umat Islam yang biasanya diperingati dengan menjalankan ibadah.

Berikut hari-hari yang biasa diperingati umat Islam di Indonesia:
Tahun Baru Hijriyah : 1 Muharram
1 Muharram umat Islam merayakan Tahun Baru Hijriyah. Biasanya tahun baru Islam diperingati oleh orang Indonesia dengan Tabligh Akbar. Penetapan 1 Muharram menjadi tahun baru Islam ditetapkan oleh Khalifah Umar Ibnu al-Khattab berdasarkan hasil Musyawarah dan atas saran dari Ali bin Thalib.

Hari Asyura : 10 Muharram 
Umat Islam merayakan hari ini dengan berpuasa sunnah. Hari Asyura adalah hari ke-10 pada bulan Muharram dalam kalender Islam. Sedangkan asyura sendiri berarti kesepuluh. Banyak peristiwa yang terjadi pada hari Asyura. Pada hari Asyura Allah SWT, telah mengampuni dosa nabi Adam as. Pada hari Asyura Allah SWT telah menyelamatkan dan mendaratkan Nabi Nuh as dengan kapalnya. Pada hari Asyura Allah SWT telah menyelamatkan Nabi Musa as dan kaumnya serta menenggelamkan Fir’aun bersama tentaranya.
Setiap tanggal 10 Muharram orang Islam disunnahkan untuk berpuasa.
Dari Abu Qatadah Al Anshari -radhiallahu anhu- dia berkata:
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah ditanya mengenai puasa pada hari ‘Asyura`, beliau menjawab: “Ia akan menghapus dosa-dosa sepanjang tahun yang telah berlalu.” (HR. Muslim no. 1162)

Maulid Nabi Muhammad SAW : 12 Rabi’ul awal

Tanggal 12 Rabiul Awal diperingati sebagai hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Di Indonesia hari ini dilakukan perayaan Maulid Nabi atau Muludan. Maulid Nabi diperingati sejak Sultan Salahuddin Al-Ayyubi  pada tahun 583 H untuk membangkitkan semangat umat Islam.

Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW : 27 Rajab
Peristiwa Isra' dan Mi'raj yang terjadi pada tanggal 27 Rajab dan diperingati oleh umat Islam sedunia. Isra' adalah perjalanan malam Nabi Muhammad dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha. Mi'raj adalah pendakian Rasulullah Saw ke langit, untuk bertemu dengan Allah swt. Peristiwa ini melahirkan syariat shalat.

Nisfu Sya'ban : 15 Sya'ban

Biasanya umat Islam Indonesia memperingati Nisfu Sya’ban dengan cara memperbanyak ibadah, shalat sunnah, memperbanyak bacaan dzikir, memperbanyak baca’an shalawat, membaca al-Qur’an, bersedekah, berdo’a dan mengerjakan amal-amal salih lainnya.
Cuma untuk peringatan nishfu Sya’ban ini ada banyak perbedaan pendapat sehingga tidak semua umat Islam memperingatinya atau mengkhususkan untuk malam 15 syaban itu..
Namun untuk bulan Syaban ini kita disunnahkan untuk banyak berpuasa sunnah
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Bulan Sya’ban adalah bulan di mana manusia mulai lalai yaitu di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.” (HR. An Nasa’i no. 2357. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Puasa Ramadhan: sebulan penuh di bulan Ramadhan
Bulan Ramadan: Satu bulan penuh umat Islam menjalankan Puasa di bulan Ramadan
Pada bulan Ramadhan umat Islam melakukan ibadah puasa sebulan penuh. Malamnya melakukan shalat sunnah pada waktu malam atau shalat taraweh.

Abu Hurairah ra berkata: Rasulullah saw bersabda:
“Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan dengan mengharapkan ridho-Nya, maka diampunilah dosa-dosa yang dilakukannya di masa lalu.” (HR. Bukhari, an-Nasai, Ibnu Majah, Ahmad, dan Ibnu Hibban)

Nuzurul Quran : 17 Ramadhan
17 Ramadhan di Indonesia diperingati sebagai Nuzurul Quran. Berbeda dengan di negara Arab. Di sebagian besar negara Arab, hari turunnya Al-Qur’an atau Nuzulul Qur’an diperingati pada malam 27 Ramadhan. Sejarahnya 17 Ramadhan diperingati sebagai Nuzurul Quran karena Soekarno memproklamirkan kemerdekaan Indonesia untuk pertama kalinya, bertepatan pada hari jum’at tanggal 17 Ramadhan, atas saran Buya Hamka, presiden pertama Indonesia ini menggelar acara peringatan Nuzulul Qur’an sebagai rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia

Lailatul Qadar: 10 hari  terakhir di Bulan Ramadan
Pada Lailatul Qadar biasanya umat Islam melakukan shalat tarawih, membaca Al-Qur`an, menghafalnya dan memahaminya serta amalan yang lainnya. Lailatul Qadar atau malam kemuliaan merupakan satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Lailatul Qadar itu terjadi pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.
Ayat Alquran:
Sesungguhnya aku telah menurunkan al-qur'an pada malam lailatul qadar, tahukah kamu "apa itu lailatul qadar?", lailatul qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan, pada malam itu turun para malaikat dan ruh qudus (malaikat jibril) dengan idzin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar'. (QS. Al-Baqarah,97: 1-5)

Hari Raya Idul Fitri : 1 Syawal
Pada tanggal 1 Syawal mulai berakhirnya puasa pada bulan Ramadan, kemudian merayakan Idul Fitri. Pada hari ini umat Islam dilarang berpuasa dan harus merayakannya. Pada hari ini di awal pagi hari selalu dilaksanakan Salat Idul Fitri (Salat Id).  Setelah itu biasanya umat Islam di Indonesia memohon maaf kepada saudara, teman dan tetangga. Biasanya pada hari ini juga umat Islam di Indonesia merayakannya di kampung halaman masing-masing atau dikenal dengan tradisi mudik.

Hari Arafah: 9  Dzulhijjah
Pada hari arafah kita disunnahkan berpuasa Arafah. Puasa Arafah adalah puasa sunnah yang dilakukan oleh kaum muslimin yang tidak sedang berhaji. Pada hari itu umat Islam yang menjalankan ibadah haji sedang wukuf di Arafah.

Hadist:
“Puasa satu hari Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah), aku berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya. Puasa hari Asyura (tanggal 10 Muharram), aku berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya.” (HR. Muslim, no 1162, dari Abu Qatadah).



Hari Raya Idul Adha : 10  Dzulhijjah
Pada hari raya Idul Adha diperingati dengan melakukan shalat  Idul Adha di pagi hari. Kemudian dilakukan penyembelihan hewan kurban.
Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim (Abraham), yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, akan mengorbankan putranya Ismail, kemudian digantikan oleh-Nya dengan domba.



Semoga kita sebagai umat Islam mengetahui hari-hari apa saja yang dianggap paling penting oleh umat Islam..

Sumber bacaan dari wikipedia dan lain-lain

sebentar lagi puasa, pembahasannya cocok banget.hehe

Wah cocok banget nie buat dimasukin dalam kalendar mas, kalo di kalendar umum kadang ada yang tidak mencantumkan hari-hari besar umat islam soalnya

semoga Allah mempertemukan kita Bulan Ramadhan lagi ya bang Amin

pas banget nih, sering lupa hari-hari besar Islam yang menurut guru saya sangat baik jika pada hari besar Islam tersebut kita melakukan do'a dan puasa.

Tinggal beberapa bulan lagi kita akan memasuki bulan suci ya Mas, jadi lebih tahu deh setelah melihat darftar hari dan bulan besar umat Islam di sini.

makasih om nandar sudah diingatkan, biasanya yang hafal cuma hari besar yang tanggal merah az dikalender hehe

kalau libur pasti banyak yang perhatikan nih bang hari-hari besarnya

siip banget
momentum2 yang mesti kita jadikan monumen untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita

sambil minum kopi ahh

Duh ngga kerasa bentar lagi Ramadhan, trus Idul Fitri.. :'D

saya malah g hafal tentang bulan2 islam, tapi rasanya g beda dengan orang di jawa, dikampung saya, nyebutnya, misalkan rojab = rejeb



Toko tanaman online
Jual bermacam-macam tanaman
Kebunbibit.id

Template Toko Online
Template Wordpress khusus bagi Anda yang ingin membuat Toko Online
www.oketheme.com

Online Shopping @ LAZADA
Belanja online elektronik, fashion, HP, tablet, laptop, komputer
www.lazada.co.id

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting dan domain Murah
www.niagahoster.co.id

Ads by friendblogger