gravatar

Asal usul tanggal 1 Mei jadi hari libur hari buruh

Asyik.. besok 1 Mei tanggal merah, hari libur.. Asal usul diperingati hari buruh ada sejarahnya. Sejarahnya terjadi di Amerika Serikat pada tanggal   1 Mei tahun 1886, sekitar 400.000 buruh di Amerika Serikat mengadakan demonstrasi besar-besaran untuk menuntut pengurangan jam kerja mereka menjadi 8 jam sehari.Demontsrasi buruh ini dimulai tanggal 1 Mei. Pada hari ke-4 atau pada tanggal 4 Mei 1886, demonstran ini ditembaki oleh Polisi Amerika Serikat sehingga banyak yang tewas sampai ratusan. Bukan itu saja para pemimpinnya juga ditangkap kemudian dihukum mati. Nah untuk memperingati kejadian itu kemudian Kongres Sosialis Dunia yang diselenggarakan di Paris  Pada bulan Juli 1889 menetapkan hari itu sebagai hari buruh sedunia. Sejak tanggal  1 Mei 1890, tanggal 1 Mei diperingati sebagai hari buruh atau dikenal dengan May Day.

Sebelumnya tanggal 1 Mei di Indonesia tidak dijadikan hari libur tapi kemudian pada bulan Juli 2013, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menetapkan 1 Mei sebagai hari libur nasional. Jadilah tiap 1 Mei menjadi hari libur nasional. 
Ayo hari libur nanti pada mau kemana?.. Kan panjang tuh hari libur besok karena disambung dengan libur akhir pekan Sabtu dan Minggu.

ngeri juga perjuangan buruh amerika ya hoho

wah... ternyata 1 Mei menyimpan tragedi yang mengerikan yia Bos, yang meninggal saja sampai ratusan belum lagi yang luka-luka...

saya kerja hari ini mas, liburnya udah kemarin, libur lagi paling minggu mas :D

Oh, ternyata dari Amerika, yaa...
Kasihan para buruh yang trtembak mati :'(


Alhamdulillah ditetapkan sebagai tgl merah. Hahh

Kejadiannya masih tahun 1800-an ya, polisi zaman itu belum takut kena tuduhan kejahatan HAM.
Long weekend tapi saya ngga kemana2 :)

nih ane kasih blog directory indo baru keren gan, submit blog artikel dan iklan 100% GRATIS gan...
bitKul.com

Iya alhamdulillah, itu juga jadi penghibur buruh.

Mereka banyak jasanya kepada kita loh.

kerja sebaiknya memang waktu normal 8 jam, ada juga yang lebih sampai sehariah pulang kerja sudah malam, gaji cuma minim

tapi sayangnya hari jumat hehe
pendek waktunya

liburan di sekolah aja dah..............



Toko tanaman online
Jual bermacam-macam tanaman
Kebunbibit.id

Template Toko Online
Template Wordpress khusus bagi Anda yang ingin membuat Toko Online
www.oketheme.com

Online Shopping @ LAZADA
Belanja online elektronik, fashion, HP, tablet, laptop, komputer
www.lazada.co.id

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting dan domain Murah
www.niagahoster.co.id

Ads by friendblogger