gravatar

Pengalaman tambal gigi, cabut gigi dan bersihkan karang gigi

Saya mau cerita pengalaman saya cabut gigi. Sakit gigi itu bisa bikin sakit sampai nyamber ke kuping/telinga dan juga ke kepala.. Gigi saya sebelumnya ada yang keropos. Juga ada yang berlubang walau cuma kecil aja tapi kadang bikin sakit. Kalau lagi sakit gigi menderita sekali. Gusi gigi jadi bengkak dan anehnya bisa kena kuping. kuping kayak terasa penuh atau berdengung..  Kalau lagi sakit gigi gitu biasanya saya beli obat sakit gigi ke apotik.. Sakit giginya bisa hilang sementara tapi kadang kambuh lagi.

Daripada nunggu kambuh terus dan mengganggu sekali akhirnya saya ke dokter gigi. Ini sudah ada 5 kali saya bolak balik ke dokter gigi mulai dari bulan Desember, Januari sampai terakhir 3 Maret kemarin..
Pertama saya ditambal gigi yang lubangnya kecil.. Tambalnya cepat dan tidak sakit.. Tambalannya yang memakai penyinaran jadi cepat kering dan warna tambalannya mirip dengan warna gigi jadi tidak terlihat tambalannya. Karena lubangnya kecil jadi tidak perlu perawatan akar gigi.. Cuma sekali datang tambal gigi beres.. :) O.iya sebelum gigi saya ditambal saya minta dibersihkan karang gigi dulu karena gigi saya banyak karangnya. Karang gigi yang paling banyak ditemukan dibelakang gigi seri depan bawah. Setelah ditambal dan dibersihkan mulut terasa bersih dan segerr...

Kedua, karena gigi masih ada yang keropos dan suka sakit juga maka saya datang kembali ke dokter gigi untuk cabut gigi. Gigi keropos yang dicabut ada 4.. samping atas kiri 2.. kanan atas juga ada dua.. sebelum cabut gigi saya disuruh rongen gigi dulu di Paramita.  Cabut pertama cabut 2 gigi geraham  yang atas kiri.. karena saling berdampingan jadi bisa sekaligus cabut dua-duanya.. Cabut gigi tidak sakit. Yang terasa sakit pas disuntik bius lokalnya saja.. Setelah dicabut gigi, kepala saya jadi terasa enteng..Berarti gigi yang dicabut itu yang bikin kepala saya sering pusing.

Ketiga, saya datang lagi untuk cabut gigi yang tengah.. gigi saya memang ada yang dobel dan tumbuhnya ditengah atas.. yang ini memang sudah keropos dan tidak ada mahkotanya lagi jadi hanya sisa akar gigi.. Cabut gigi ketiga ini memang rada susah dan lebih lama. Tapi akhirnya berhasil dicabut. Untuk hari itu cabut giginya hanya satu saja karena gigi yang satunya lagi ada paling belakang atas.

Keempat, saya kembali datang untuk cabut gigi yang kanan atas belakang. Cabut gigi yang ini malah lebih mudah daripada sebelumnya karena giginya sudah otek.. Cabut giginya hanya sebentar saja.

Kelima, Kunjungan ini cuma mau periksa cabut gigi yang kemarin.. Setelah diperiksa ternyata masih ada karang gigi yang perlu dibersihkan.. karang giginya bikin gusi jadi merah jadinya dibersihkan. Setelah dibersihkan gigi jadi enak dan tidak lagi terasa linu..

Setelah perawatan gigi, saya merasa lebih sehat dan tidak ada terasa lagi gigi yang nyeri.. Harusnya memang dari dulu gigi ini dirawat jadi tidak banyak gigi yang rusak.. Alhamdulillah walau dicabut 4 gigi tapi gigi saya tidak terlihat ompomg karena yang dicabut gigi samping dan belakang saja.. Saya mau jaga sisa gigi yang masih ada sekarang ini..

Buat teman-teman yang giginya ada yang bolong atau keropos jangan dibiarkan.. Kalau bolong masih bisa diselamatkan dengan ditambal dan perawatan akar.. Kalau gigi sudah keropos atau tinggal sisa akar saja harus dicabut agar kuman tidak masuk ke akar gigi dan menyebabkan penyakit lain yang lebih parah.. Jadi kalau gigi kamu bermasalah segera saja ke dokter gigi. Untuk harga tambal gigi di klinik gigi biasanya sekitar 200 ribu. Cabut gigi 200-400 ribu sedangkan untuk scaling atau membersihkan karang gigi 200 ribu. untuk Rontgen Gigi / Panoramic sekitar 155 ribu. Kalau di puskesmas harganya mungkin bisa lebih murah.

Aduh ngeri juga yah saya kalo ntar tambal gigi, ah biarin ajah gigi seperti apa adanya berguguran sesuai usia yang beranjak senja..

Wuih mahal-mahal ya ternyata, kudu dirawat nih giginya saya biar enggak kena begitu, makasih mas pengalamannya.

Datang ya ada lomba, ^.^

Saya pernah semuanya. Cabut gigi dan membersih karang gigi. Khusus yan terakhir agak ngilu juga merasakan bor mesinnya

gravatar

@IQROZEN : Kalo dibiarin bisa tambah sakit..
@Muhammad Adam Hussein, S.Pd, CM : Iya lumayan biayanya bikin bokek :)..

@Asep Haryono: he he iya bersihin karang gigi rada ngilu..tapi kalao ud dibersihin jadi bersih giginya..

Kalau cabut gigi, saya malah takut mas :D Kalau tambal, sering mas. Saya lebih senang di tambal soalnya gak sakit soalnya cuma giginya aja, gak kena gusi :D

Apa ada saran dari dokter tentang cara rawat gigi biar gak ada karang atau kropos gitu?

hahha baru tahu rasanya mak nyus banget sob..
lebih baik sakit hati deh sob kalau gue dari pada sakit gigi.

belum pernah rasanya bersihkan harang gigi, tapi kalo tambal sudah pernah
yang bagus bisa tahan hingga 10 tahun mendatang

aduh saya belum pernah ke tambal cabut gigi.. semoga nggak pernah... gigi saya belum pernah ada yg bolong, tapi takut juga liat iklannya pepsodent, katanya berawal dari lubang tak terlihat... hehee

Tambal giginya sakit nggak mas?

Tambal giginya sakit nggak mas?

bersihin karang gigi sama tambal gigi di suntik ga mas? atau cuma cabut gigi doang yg di suntik?

gravatar

@
muhammad robbiyansah s.pd, SH : cuma cabut gigi doang yang disuntik

gravatar

@Yashida Official : tambal gigi enggak sakit

Sakit bnget ya di suntiknya?
Aku mau cabut gigi dri awal tahun tdi,tapi masih ragu nih, sakit mna sama d sntik di tangan hihihi...

gravatar

@icha alee: Sakit dikit aja kok

dikit dikit jadi banyak ya mas haha.

Sy kemarin bru cbut gigi geraham bawah, udh keropos. Suntikannya gk sakit. Gusi qt kalo kena jarum gk seskit sprti jarum kena kulit yg bkin kaget trnyata. Proses cabutnya lebih gk skit lg karna sdh di bius. Mas, sy tgl 2 proses lg. Tambal sma brsihkan karang. Sy malah lbih takut ktika d tambal, krna gk d bius. Apalagi klo lubahnya udh kena saraf. Haddeh.

Tp mau bgmn lg. Tambal lebih penting dri pd cabut. Krna cabut brti ydh parah. Hhe



Toko tanaman online
Jual bermacam-macam tanaman
Kebunbibit.id

Template Toko Online
Template Wordpress khusus bagi Anda yang ingin membuat Toko Online
www.oketheme.com

Online Shopping @ LAZADA
Belanja online elektronik, fashion, HP, tablet, laptop, komputer
www.lazada.co.id

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting dan domain Murah
www.niagahoster.co.id

Ads by friendblogger