gravatar

Cara cepat mencari ide untuk posting di blog supaya bisa posting tiap hari

Menyambung tulisan yang kemarin tentang malas ngeblog. Salah satu alasan malas ngeblog biasanya karena kita tidak ada ide untuk menulis di blog.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan kalau kehabisan ide untuk menulis di blog:

Tulis pengalaman pribadi
Menulis pengalaman pribadi sebenarnya yang paling mudah kita tulis. Setiap orang pasti punya pengalaman pribadi kan?.. Pengalaman sehari-hari saja bisa kita tulis. Misal hari ini kita habis naik bus. Dari situ bisa diceritakan bagaimana keadaan busnya. Kita naik dari mana mau kemana. Ongkosnya berapa dsb.. Kita enggak kemana-mana saja juga bisa jadi pengalaman. Misal kita di rumah lagi nonton TV. Terus acaranya bagaimana. Atau di rumah kita lagi makan. Makan apa.. rasanya gimana dsb.. Banyak yang bisa kita tulis. Menulis pengalaman pribadi bisa jadi ide yang paling banyak kita tulis . Blog bisa kita update tiap harinya dari pengalaman sehari-hari saja.

Mengarang bebas
Apa yang ada di kepala kita saat ini bisa juga jadi bahan tulisan. Tulisan di blog bisa juga berupa cerpen atau puisi hasil karangan kita sendiri. Kalau kita gemar berkhayal tulis saja khayalan kita di blog. Siapa tahu khayalan kita bisa menjadi pengalaman membaca yang menyenangkan bagi para pembaca blog kita. Film-film dan novel-novel pun sebenarnya merupakan hasil khayalan penulisnya dan banyak orang suka dari hasil khayalan itu.

Share pengetahuan kamu
Kamu menguasai pengetahuan tertentu?.. Misal kamu bisa bengkel motor atau berkebun atau memasak. Share saja pengetahuan kamu di blog. Disamping bisa jadi bahan tulisan yang menarik, berbagi ilmu juga bisa menjadi pahala buat kita. Apalagi ilmu yang mengajarkan kebaikan. Tidak perlu menjadi pintar untuk berbagi ilmu. Tulis saja apa yang kita tahu dan itu bisa dilakukan. Misal kalau kita punya pengetahuan ngeblog bisa menulis cara membuat blog atau tulis seperti yang saya lakukan ini menulis tentang cara cepat mencari ide untuk posting di blog. :)

Review produk
Review produk yang kita pakai bisa jadi bahan tulisan yang menarik. Misal kita baru beli smartphone murah tapi bagus. Nah dari situ bisa kita kembangkan jadi tulisan. Harga smartphone nya berapa, bagaimana kualitasnya, daya tahan baterainya, kita belinya dimana dsb.. Bisa juga dari pengalaman kita menggunakan produk software tertentu. Misal kita pakai antivirus gratis dari internet. Downloadnya gimana, kecepatan scan-nya gimana, keefektifan antivirus itu gimana dsb..



Tulisan jangan terlalu panjang
Pikiran bahwa menulis di blog harus panjang juga membuat kita kadang kehabisan waktu mencari ide. Tulis saja apa yang ingin kita tulis seperlunya. Pembaca juga malas membaca blog yang terlalu panjang tetapi juga jangan terlalu pendek usahakan minimal 3 paragraf. Jika yang ingin kita tulis terlalu panjang bisa dibuat menjadi tulisan bersambung. Tulisan panjang bisa dibagi lagi jadi beberapa posting. Jadi kita tidak pusing untuk mencari ide posting selanjutnya.

Posting foto
Kalau memang sangat malas menulis di blog lakukan saja hal ini. Foto lingkungan sekitar kamu dan posting di blog. Atau kamu punya hobi selfie dan kebetulan kamu punya face menarik bisa lakukan hal ini. Posting foto tidak perlu tulisan yang terlalu banyak.

Copy paste
Ini kalau sudah darurat kehabisan ide.. Namun sebaiknya copy paste jangan meng-copy keseluruhan isi content orang lain. Copy saja ide tulisannya atau meng-copy sedikit dari data dari sumber berita dengan diberi sumber kutipan tadi. Kemudian kita kembangkan lagi tulisan tadi dengan bahasa kita sendiri.

Mencari ide untuk menulis di blog sebenarnya tidak terlalu sulit.. Kadang kesulitan kita temui kalau kita memang ingin menulis content yang sangat berkualitas dengan informasi yang padat. Tentu itu butuh lebih banyak pencarian data. Tapi kalau menulis sesuatu yang ringan yang mudah kita kuasai, kita bisa update posting tiap hari tanpa terlalu pusing untuk mencari ide.

kalau sudah tingkat master bahan apa saja bisa dijadikan postingan, kalau saya harus cari wangsit dulu mas, pake nyepi di kaki gunung biar dapat ide :)

good news bang, tapi kalau saya memang karena masih baru dalam dunia blogging, saya sering kehabisam ide, dan baru muncul ketika blogwallking, kemudian baru bisa nulis lagi.....mudah mudahan cepet saya tinggalkan kebiasaaan saya ini.

kalo sayaa sihhh suka blogg walking dulu gann karna biasanya dengan bloggwalking pasti akan dapet banyak inspirasi hehe

kalau kopi paste sih bukan mencari ide bos, tapi mencari artikel hehehe....

kalo saya biasanya review produk, pengalaman pribadi :D

paling sukadan gampang saya mah copas ah

paling praktis dan tidak membutuhkan waktu lama adalah copas copy paste hehehe, tapi kalau saya pribadi merasa berdosa jika melakukan copas :D

kalo saya biasanya menulis dari hasil membaca tulisan orang lain.... ha ha :D

mendingan nggak posting deh daripada Copast
hehe

kalau penyakit malas sudah menyerang mo di apa apain juga ogah posting sayah. tungu aja sampai mut datang lagie

iya ini menginspirasi. tulisan jangan terlalu panjang ya Mas? OK deh, saya camkan ini.

karena blog saya tentang aplikasi android, jadi biasanya saya cuman download aplikasi terbaru digoogle play untuk kemudian di bagikan di blog sya... jadi tiap hari musti download aplikasi di google play store dulu...

ini membantu saya dalam menulis. saya juga suka bingung ma posting apa, tapi, posting itu bebas ya, mau gimana juga terserah kita . gak perlu nyari yang susah..

Kadang yg paling susah itu nemuin judul nya hahaha

saya sudah follow, ditunggu follbacknya ;)

saya sudah follow, ditunggu follbacknya ;

kalo saya sih tergantung moodnya, kalo udah males ngeblog apapun nggak akan nyatol di kepala, tapi kalo udah semangat bisa jadi ngeliat ayam jalan aja bisa jadi tulisan tentu saja tulisan ala kadarnya. Yang jelas nulis itu memuaskan meskipun masih jauh dari kriteria sebuah bacaan

masalah ide sih oke, tapi yang paling sulit itu masalah mood

Pengalaman pribadi keknya ngga pernah abis ya, Bang :D



Percetakan
Toko tanaman online
Jual bermacam-macam tanaman
Kebunbibit.id

Template Toko Online
Template Wordpress khusus bagi Anda yang ingin membuat Toko Online
www.oketheme.com

Online Shopping @ LAZADA
Belanja online elektronik, fashion, HP, tablet, laptop, komputer
www.lazada.co.id

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting dan domain Murah
www.niagahoster.co.id

Ads by friendblogger