gravatar

Berapa rakaat shalat taraweh di tempatmu 11 atau 23 rakaat?

Shalat taraweh ada yang 11 rakaat karena mengikuti hadist:
Dari Abu Salamah bin ‘Abdirrahman, dia mengabarkan bahwa dia pernah bertanya pada ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, “Bagaimana shalat malam Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di bulan Ramadhan?”. ‘Aisyah mengatakan,

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah menambah jumlah raka’at dalam shalat malam di bulan Ramadhan dan tidak pula dalam shalat lainnya lebih dari 11 raka’at.” (HR. Bukhari no. 1147 dan Muslim no. 738)

Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, beliau menuturkan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah shalat bersama kami di bulan Ramadhan sebanyak 8 raka’at lalu beliau berwitir.

Lalu kenapa jadi ada yang 23 rakaat.

Imam Ibnu Taimiyah berkata, “Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melakukan qiyamullail dan witir pada bulan Ramadhan dan selain Ramadhan sebanyak sebelas rakaat atau tiga belas rakaat. Namun, shalat beliau ini panjang sekali. Tatkala hal ini memberatkan orang orang, Ubay bin Ka’ab shalat tarawih dengan mereka pada masa Umar sebanyak 20 rakaat dan ditutup dengan witir. Dia meringankan shalatnya. Jadi, penambahan jumlah rakaat adalah ganti dari berdiri yang lama.”[ Majmu’ Al Fatawa5/282]



Kalau kita sebenarnya tidak ada larangan untuk shalat taraweh berapa rakaat.. Shalat taraweh sendiri sebenarnya juga sunnah tidak wajib karena itu kalau ada perbedaan jangan terlalu diperselisihkan. Kita ikuti saja imam di mesjid kita berapa rakaat yang dikerjakan. Bagaimana dengan di mesjid di daerah teman-teman berapa rakaat shalat tarawehnya?.. Kalau di tempat saya 11 rakaat saja.


Saya sendiri sholat taraweh hanya bersama suami. Dan kami hanya melakukan 8 rakaat taraweh dan 3 rakaat witir.

yang saya tahu rakaat traweh nggak ada yang 11 dan 23 deh... maksudnya kalau udah ditambah witir yia bos?

gravatar

@comtel cell : ya sob.. maksudnya ditambah witir 3 rakaat.

Hmm , di masjid deket rumah saya 8 Rakaat Terawih + Witir 3 jadi 11 :) heheh , Berkahnya banyakkan yang banyak / yang sedikit ?

Kalau saya berapa pun jumlah sholat taraweh baik itu yang sediit atau yang banyak itu kembali kepada kebutuhan semuaya memiliki dasar hukumnya, yang paling penting adalah mencapai tingkat ridho Illahinya ya Sob.

Salam

saya mah berapa rakaat ge' boleh lah...ikuta sajah sama imamnya.
yang penting sehat...begituh kata kang Krisna di mahabharata antv juga kang

Ngikut imamnya, beda Masjid beda jumlah rakaatnya. tapi yang dekat kos sekarang, itu 23 rakaat, sama Witirnya.

yang tidak benar adalah orang yang tidak sholat wajib dan sholat tarawih he he he

di dekat rumah saya ada 2 masjid, jadi bisa pilih antara 11 dan 23.. saya pilih yang 11 aja, biar serius. karena kalau yg 23 itu dipatas pengen ketawa aja bawaannya

Di sini 11 rakaat juga :D

semua nya bagus jumlah rokaaat 8 ataupun 20 dalam sholat tarweh, tentu masing-masing imam masjid punya dasar sendiri sendiri. Yang tidak bagus adalah yang tidak sholat ;)

Saya 8 rakaat plus 3 witir Kang. Kalo diukur dengan masjid lain yang 23 rakaat, waktunya malah lebih lama di tempat saya Kang.

terbiasa dengan 23 rakaat jika berimam di masjid...jika munfarid pake 11 rakaat dirumah



Percetakan
Toko tanaman online
Jual bermacam-macam tanaman
Kebunbibit.id

Template Toko Online
Template Wordpress khusus bagi Anda yang ingin membuat Toko Online
www.oketheme.com

Online Shopping @ LAZADA
Belanja online elektronik, fashion, HP, tablet, laptop, komputer
www.lazada.co.id

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting dan domain Murah
www.niagahoster.co.id

Ads by friendblogger