gravatar

Manusia dilihat dari angkasa

Manusia itu makhluk yang dirinya merasa besar dan kadang suka menyombongkan diri. Padahal manusia itu besarnya tidak ada apa-apanya di semesta ini. Untuk gambarannya mari kita perhatikan gambaran berikut:


Ok mari kita mulai... Misalkan kita berada di wilayah monas maka jika kita naik ke angkasa dan melihat manusia hanya berupa titik-titik saja bahkan tidak terlihat saking kecilnya.
 

Jakarta

Kita naik lagi sampai terlihat seluruh wilayah Jakarta. Maka monas pun dari sini hanya tampak sebagai titik saja apalagi manusianya..

Pulau Jawa

Jika lebih naik lagi sampai terlihat pulau Jawa. Jakarta ternyata hanya tampak kecil saja di Pulau Jawa.

Indonesia

Kita naik lagi, Sampai terlihat wilayah Indonesia. Jakarta mulai terlihat seperti titik.

Bumi

Kita naik lagi sampai terlihat planet bumi secara keseluruhan.. Coba lihat apa masih kelihatan Jakarta.


Tata Surya

Bumi kita merupakan salah satu planet di tata surya. Jika kita bisa naik lagi sampai ke wilayah tata surya maka bumi terlihat sangat kecil.

Tata Surya Bertetangga

Tata surya kita pun sangat kecil jika dilihat bersama tetangga tata surya yang lain.

Galaksi Bima Sakti

Tata surya kita ada Galaksi Bima sakti. Jika kita bisa melihat dari atas galaksi tempat kita berada tata surya kita hanya sangat-sangat kecil bahkan tidak terlihat sebagai satu titik pun.

Lokal Grup Galaksi

Galaksi Bima sakti merupakan bagian dari Lokal Grup Galaksi. Galaksi Bima sakti dilihat dari Lokal grup Galaksi juga masih tidak ada apa-apanya.

Supercluster Virgo

Lokal grup Galaksi kita merupakan bagian dari Virgo Supercluster. Lokal grup Galaksi kita sangat kecil.

Lokal Supercluster

Supercluster Virgo sendiri merupakan bagian dari Lokal Supercluster. Selain Supercluster Virgo masih banyak Supercluster lainnya. Supercluster Virgo di Lokal Supercluster juga tampak kecil.

Jagad raya

Lokal Supercluster jika dilihat dari seluruh jagad raya ini tentunya masih juga belum ada apa-apanya. Apalagi galaksi kita, tata surya kita, bumi kita dan tentunya kita sendiri ternyata hanya makhluk yang tidak tampak bahkan tidak terlihat sebagai satu titik pun jika dibandingkan jagad raya yang luas ini.

Sekarang apa kita masih mau menyombongkan diri.

Ingat juga Firman Allah SWT:
Artinya: "Sesungguhnya penciptaan langit dan bumi lebih besar daripada penciptaan manusia akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui" (QS: 40: 57).

Sumber gambar:
Gambar 1 s.d 5 dari Google Earth
Gambar 6 s.d 12 dari wikipedia

subhanalloh, begitulah Alloh Ta'ala membentangkan Ayat-ayatNya agar kita manusia memahami ternyata kita manusia tidak sombong atas apa yang kita miliki karena sesungguhnya kita tidak berarti dibandingkan dengan semua ini

Penggambaran yang menarik.
Pelajaran buat yang masih berani sombong nih.

kesimpulannya sangat kecil :v

subhanallahh..
sangatttt besarrrrr sekaliii ya..
bhkan manusia tak kelihatan sikit punn

semoga jadi pembelajaran buat kita

kita bukan apa-apa ya mas :)

hadeuh, manusia tidak terlihat :o

klo udah kyk gini jadi inget dosa ketika ane takabur deh.. pdhl kita itu nyatanya tidak terlihat.. subhanallah

kecilnya...
seperti semut kecil kecil terlihat manusianya

ingin melihat secara lansung pemandangan ini dari angkasa

di sisi lain sebenarnya wajar bila manusia merasa dirinya besar, karena manusia dijadikan khalifah (pemimpin) oleh Alloh di bumi

Subhanallah, pencerahan banget ini :)

BTW, pangling gitu waktu datang ke sini.. serasa fb sendiri :D

makanya jgnlah sombong ingin menguasai dunia

nah tuh tadi siang saya baru aja refreshing di monas. PRJ dong. kalo ambil foto satelitnya tadi, saya bakalan keliatan berarti ya, hehe

Interesting post.

Kecilnyaaaa.. :( Jadi penasaran, kira-kira ada ngga ya makhluk lain selain kita di Bumi ini? :o



Toko tanaman online
Jual bermacam-macam tanaman
Kebunbibit.id

Template Toko Online
Template Wordpress khusus bagi Anda yang ingin membuat Toko Online
www.oketheme.com

Online Shopping @ LAZADA
Belanja online elektronik, fashion, HP, tablet, laptop, komputer
www.lazada.co.id

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting dan domain Murah
www.niagahoster.co.id

Ads by friendblogger