gravatar

Kenapa, apa, bagaimana.. Pertanyaan-pertanyaan tentang kejadian alam

Waktu kecil kita sering penasaran tentang kejadian alam yang terjadi di sekitar kita. Sebenarnya sampai sekarang pun kita masih bertanya-tanya kenapa itu bisa terjadi, Bagaimana dan kenapa?..

Berikut pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan tentang kejadian alam berikut jawabannya: (Jawabannya yang gampang aja ya kalo nerangin secara ilmiah banget entar pusing juga )

Kenapa langit bisa berwarna biru pada siang hari
warna langit biru disebabkan oleh pengaruh dari atmosfer bumi.  Atmosfer bumi dapat menghamburkan cahaya Matahari sehingga yang tampak pada kita langit berwarna biru pada siang hari.

Kenapa air laut asin dan warnanya biru

Penyebab air laut rasanya asin karena air laut mengandung  banyak garam. Warna biru pada laut  merupakan pantulan dari warna langit.

Kenapa gunung bisa meletus
Gunung meletus karena adanya tekanan gas bertekanan tinggi yang menekan endapan magma yang ada di dalam perut bumi. 

Penyebab terjadinya gempa bumi
Penyebab gempa bumi disebabkan pelepasan energi di dalam bumi secara tiba-tiba yang ditandai dengan patahnya lapisan batuan pada kerak bumi.

Penyebab terjadi longsor
Longsor disebabkan karena tanah yang kurang stabil yang terkena aliran air atau karena getaran.

Penyebab tsunami
Tsunami disebabkan karena adanya perubahan bentuk dasar laut secara tiba-tiba dalam arah vertikal yang disebabkan oleh gempa bumi di dasar laut atau tanah longsor di dasar laut atau letusan gunung api dasar laut, atau akibat jatuhnya meteor yang bisa mendorong air ke darat.

Bagaimana awan terbentuk
Awan sebenarnya merupakan uap air yang terbentuk dari air sungai, laut atau air di permukaan bumi yang terkena panas matahari sehingga menguap.   Uap air yang melayang ke atas atmosfer mengalami proses pemadatan atau kondensasi sehingga membentuk awan.

Bagaimana hujan terjadi
Hujan bisa terjadi jika awan menjadi  padat dan terkena suhu dingin sehingga uap air itu berubah menjadi titik-titik air dan jatuh ke bumi.

Bagaimana bisa terjadi petir
Petir terjadi karena adanya muatan listrik pada awan. Petir bisa terjadi antar-awan yang berbeda muatan karena ada awan bermuatan negatif dan awan bermuatan positif. 

Bagaimana  terjadinya pelangi
Pelangi terjadi karena peristiwa pembiasan sinar matahari oleh air hujan.

Bagaimana terjadinya siang dan malam
Siang dan malam terjadi karena Bumi berputar pada porosnya.

Bagaimana gerhana bulan terjadi
Gerhana bulan terjadi ketika posisi bumi berada di tengah-tengah antara bulan dan matahari.

Bagaimana gerhana matahari terjadi
Gerhana Matahari terjadi karena posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari.


Ini yang saya tulis jawaban ringkas saja. Kalau ada yang salah atau mau ditambahkan silakan tulis aja di komentar ya.

kita sering bertanya karena kita memang tidak tahu,
kalau kita tahu tapi sering bertanya namanya "ngetes"

gak nambahin, gak benerini atau nyalahin, ikut baca aja, boleh ya???

@pakde sulas : tapi kebanyakan kalo nanya karena enggak tahu pak De :)
@Henny : Ok tidak dilarang kok :)

Saya sudah lama sekali ngga liat pelangi, kenapa ya...

menarik, pertanyaan disediakan juga alasannya

bagaimana bulan sabit terjadi juga ada penjelasannya
Pertanyaan seperti itu sering ditanyakan oleh murid2 sekolah

bagaimana bisa begini bagaimana bisa begitu?

ingin ini,,ingin itu,,wkwkw..
thanks sobat sharing nya,,,

pertanyaan yang mendasar tapi punya makna yang sangat luas ya mas ;)

bermanfaat..singkat, padat, dan jelas

sepertinya dh kompli nh Mas..gejalanya almnya..indonesia sdh mengalami smua..!:)

kalau mitos ditempatku bila ada pelangi karena ada bidadari sedang minum air dikali mas,padahal salah kaprah ya

mitos atau fakta? #oz hhehe

Pertanyaan biasanya di lontarkan dari ketidak tahuan atau pun rasa ingin tahu, jadi makna dan pengertian dapat mengikuti dari setiap kepuasan yag memberikan pertanyaan dalam menerima jawaban. :D

Salam

klo aku sampe sekarang masih penasaran bagaimana air laut/air sungai menguap sampai jadi awan, terus bagaimana awan bisa menyimpan begitu banyak air yang menjadi padat dan bagaimana awan berwarna kelabu ketika turun hujan, tapi ya balik lagi, hanya Allah yang menggerakkan semuanya tanpa mampu kita tembus dengan logika kita, hehe..

So interesting, Bang.. :D Kadang masih bingung juga kalo ditanya sama adek sepupu.. Ngga ngeh :p



Toko tanaman online
Jual bermacam-macam tanaman
Kebunbibit.id

Template Toko Online
Template Wordpress khusus bagi Anda yang ingin membuat Toko Online
www.oketheme.com

Online Shopping @ LAZADA
Belanja online elektronik, fashion, HP, tablet, laptop, komputer
www.lazada.co.id

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting dan domain Murah
www.niagahoster.co.id

Ads by friendblogger