gravatar

Apa itu Hilal ?

Ramadhan sebentar lagi. Puasa Ramadhan dimulai dengan masuknya bulan Ramadhan. Untuk menentukan awal Ramadhan kita harus melihat hilal awal bulan Ramadhan. Ini berdasarkan hadist sbb:

Hadis riwayat Ibnu Umar ra.:
Dari Nabi saw. bahwa beliau menyebut-nyebut tentang bulan Ramadan sambil mengangkat kedua tangannya dan bersabda: Janganlah engkau memulai puasa sebelum engkau melihat hilal awal bulan Ramadan dan janganlah berhenti puasa sebelum engkau melihat hilal awal bulan Syawal. Apabila tertutup awan, maka hitunglah (30 hari). (Shahih Muslim No.1795)

Apa itu Hilal?..
Hilal adalah bulan sabit muda pertama yang dapat dilihat setelah terjadinya konjungsi (ijtimak, bulan baru) pada arah dekat matahari terbenam yang menjadi acuan permulaan bulan dalam kalender Islam. Biasanya hilal diamati pada hari ke-29 dari bulan Islam untuk menentukan apakah hari berikutnya sudah terjadi pergantian bulan atau belum. Hilal juga merupakan bagian dari fase - fase bulan. (wikipedia)

Contoh foto Hilal  (Ramadan 1422 AH 32:57/16-November-2001)

Sumber foto: http://efalak.kemenag.go.id/ImageHilal.aspx   

Kalau untuk menentukan apa sudah ada hilal atau tidak sebaiknya kita menyerahkan pada ahlinya saja. Kementerian Agama dijadwalkan akan menggelar sidang isbat (penetapan) awal Ramadan 1435 Hijriyah/2014 Masehi pada 27 Juni 2014. Jadi kita tunggu hasil sidang isbat ini untuk kepastian awal bulan Ramadhan 1435 H.

Buat teman-teman semua, seperti biasa sebelum menjalankan ibadah puasa, saya ingin mengucapkan mohon maaf atas segala kesalahan saya selama ini baik disengaja maupun tidak.. Semoga kita bisa menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dengan baik. Semoga kita semua bisa meraih kemenangan.

Sama-sama ya Mas, saya juga minta maaf lahir dan bathin untuk segala kesalahan dan ikhlaf selama blogging, semoga puasa kita lancar dan mendaptakan ampunan serta kebarokahan dalam hidup.

Salam

Dimaafkan,,,
hehe, Mudah mudah kita medapatkan ke-khusuk-an dalam beribadah di bulan suci ramadhan ini. Aaminn

tidak terasa sudah mau memasuki bulan ramadhan.. mohon maaf lahir dan batin.

Mohon maaf lahir dan batin juga ya, Bang..

Iya nih gan gak terasa Ramadhan sudah di depan mata, ane juga mengucapkan selamat menyambut akan datangnya bulan suci ramadhan 1435 H Mohon maap lahir dan Batin.

apabila selama ini komentar saya tidak berkenan, saya minta maaf yia bos...

wah tambahan ilmu sebelum aktifitas ramadhan tiba nih, trims sharingnya....

Setuju, masalah melihat hilal dan menentukan awal Ramadhan dipercayakan saja kepada ahlinya. Saya juga mohon maaf lahir batin. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan...

Ismah juga mohon maaf ya, mas Nandar ^^
tadi udah ada keputusan dari pemerntah ya.. puasanya hari minggu :)

@all: sama2 semuanya.. Mohon maaf lahir batin ya.. selamat berpuasa buat semua teman-teman.



Percetakan
Toko tanaman online
Jual bermacam-macam tanaman
Kebunbibit.id

Template Toko Online
Template Wordpress khusus bagi Anda yang ingin membuat Toko Online
www.oketheme.com

Online Shopping @ LAZADA
Belanja online elektronik, fashion, HP, tablet, laptop, komputer
www.lazada.co.id

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting dan domain Murah
www.niagahoster.co.id

Ads by friendblogger