gravatar

Daftar negara yang dilalui garis Khatulistiwa

Jakarta dan daerah di Indonesia lainnya bulan April sampai Mei ini sangat panas.. Sebenarnya wajar juga karena kita tinggal di daerah tropis bahkan negara kita termasuk negara khatulistiwa atau equator. Kita yang tinggal di dekat khatulistiwa akan lebih panas dari daerah lain karena matahari berada tepat di atas kepala kita terutama pada tengah hari.

Apa itu Khatulistiwa atau Equator?.. Yang dimaksud Khatulistiwa atau Equator adalah  sebuah garis khayalan yang ada di tengah-tengah bumi yang membagi Bumi menjadi dua bagian belahan bumi utara dan belahan bumi selatan.

Indonesia dilewati garis Khatulistiwa yaitu di Pulau sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Halmahera. Kita ini merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang dilewati garis Khatulistiwa. Jadi kalau ada negara Asia Tenggara lainnya yang mengklaim sebagai negara Khatulistiwa ya enggak bisa harusnya. Bahkan kita negara satu-satunya di Asia yang daratannya dilewati garis Khatulistiwa. Negara yang dianggap negara equator di Asia selain Indonesia yaitu Maladewa tapi bukan daratannya yang dilewati garis Khatulistiwa melainkan hanya lautnya saja.

Ada negara lain selain Indonesia yang juga dilalui garis khatulistiwa atau Equator ini. Berikut negara yang daratannya dilalui garis khatulistiwa atau Equator:
Asia: Indonesia
Amerika: Ekuador (Nama Ekuador sebutan Spanyol untuk Equator), Kolombia, dan Brazil
Afrika: Gabon, Kongo, Republik Demokratik Kongo, Uganda, Kenya, Somalia, dan Sao Tome  & Principe (Sao Tome  & Principe ini satu negara ya jangan dihitung dua).

Total ada 11 negara yang daratannya dilalui garis Khatulistiwa atau Equator. Sedangkan negara yang wilayah perairannya saja yang kena garis Khatulistiwa atau Equator ada 3 negara yaitu  Guinea (Afrika), Maladewa (Asia), dan Kiribati (Oceania). Jadi kalau 3 negara itu dihitung juga sebagai negara Equator jadi ada total 14 negara Equator. Panjang garis khatulistiwa Bumi adalah sekitar 40.070 km dan berarti garis ini melewati 14 negara. Garis ini hanya melewati benua Asia, Afrika dan Amerika Selatan.

o itu cuma garis khayal ya? hihihi

ini seperti pelajaran IPS sewaktu SD, saya pikir garis khatulistiwa itu bisa dilihat :D namanya juga anak-anak..

Mantap indonesia juga ya. Katanya telur bisa tegak ya kalo pas.

pantas saja waktu main kesumatera panas banget...

kerennn nihhh infonyaa sangat menambah wawasan :D

Orang bilang tanah kita tanah surga... Hehehe. Koes plus banget yak. indonesia memang negri khayalan, soalnya dilewati garis khatulistiwa.

Idem nih. Waktu masih anak2, saya juga ngira garis katulistiwa itu beneran keliatan :D

kalau diperhatin negara yang dilalui kathulistiwa negara berkembang semua yah?

Indonesia ini di pulau kalimantan ya bang
indonesia memang hebat, pemimpinnya yang kurang yes hehe

ada banyak juga 11 negara, negara ini termasuk di dalamnya



Toko tanaman online
Jual bermacam-macam tanaman
Kebunbibit.id

Template Toko Online
Template Wordpress khusus bagi Anda yang ingin membuat Toko Online
www.oketheme.com

Online Shopping @ LAZADA
Belanja online elektronik, fashion, HP, tablet, laptop, komputer
www.lazada.co.id

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting dan domain Murah
www.niagahoster.co.id

Ads by friendblogger