gravatar

Bersahabat dengan banjir

Jalan-jalan di Jakarta sering banjir. Mungkin memang akan selalu sulit jika berusaha ditahan terutama wilayah Jakarta memang permukaannya sudah rendah.
Jika kita tidak bisa menahan dan melawan laju air kenapa tidak bersahabat saja dengannya.



Membuat kota menjadi seperti Venesia (foto: wikipedia)



Jalanan di Venesia berupa sungai. Sungai memang harusnya bisa berfungsi juga sebagai jalanan jadi bukannya malah dimatikan. Di Jakarta ada 13 sungai dan jalur-jalur air yang mungkin bisa ditambah. Saluran air atau sungai ini bisa dibuat menjadi jalur transportasi seperti di Venesia. Venesia adalah kota air dan mungkin Jakarta juga seharusnya menjadi kota air.


Membuat jalan di atas panggung seperti di kota Agats, Papua. (foto: http://suluhpapua.com)

Di Agats papua, jalan untuk motor dan manusia berada di atas panggung baik dari kayu maupun dari beton karena wilayah di bawahnya memang merupakan rawa. Mungkin konsep ini bisa diterapkan di beberapa wilayah Jakarta yang sering kebanjiran seperti di Kampung Melayu.


Jika situasi di atas bisa diterapkan maka banjir bukan menjadi masalah karena laju air yang datang tidak dijadikan musuh melainkan malah dijadikan sahabat.

Lebih pintar orang papua haha

Terimakasih infonya sob

mungkin itu salah satu cara mensyukuri apa yg telah terjadi ya mas, dengan mensyukurinya

Masalahnya sangking udah padatnya pemukiman warga
Agak sulit di terapin ya mas :)

ini semua kita kembaliin ama manusianya masing2, sadar apa gak ama lingkungannya

semakin tahun semakin padat penduduknya, jadi lahan yang bisa dibuat penamung air malah dibangun perumahan2 baru. miris sekali:(

Sepertinya harus dibuat daerah resapan air agar air dapat meresap dengan baik dan jangan terlalu membuat daerah dipadati rumah-rumah karena akan membuat air teresap kedalam tanah

seharusnya bisa jadi acuan buat kota jkrt, dimana di kota tersebut terdapat sungai dan daerah rawa yang cukup banyak juga, yg jika di kelola dng baik bisa di jadikan tempat rekreasi juga lho
follback ya..

bisa buat kapal-kapalan ya mas untuk transportasi saat banjir. Pasti seru deh hehehe :D
atau mungkin ikut berenang :D

Ide sangat bagus. Semoga ada perhatian dari pemerintah asal jangan buang sampah sembarangan.

lagi musimnya sih..

Pindah ibukota aja gan . Hehehe

bertolak belakang banget sama Indonesia huhuhu

Hmmm ... Boleh Juga nih Gan Idenya dan harus Segera Diusulkan ke bapak Jokowi kali aja dapet penghargaan :D

Inspirasi terbaik sebenarnya selalu hadir ... cuman yang melaksanakannya kebanyakan mikir kang .... tambah lagi otaknya sebanyak orang parlemen ... aaduh ... makanya nggak jadi-jadi ... hehe.

Kayaknya keren ya kalau Jakarta berubah jadi kayak Venesia haha :D

kalau saja semua pihak baik pemerintah, swasta maupun masyarakat mau menjaga lingkungan pasti banjir tidak akan terjadi

waduh butuh biasa berapa ya kalau harus membangun infrastruktur seperti di atas di jakarta

ide venesia nya kereeeeennnn......
bisa direalisasikan ituuu..

Sudah sangat jelas diuraikan dalam artikel di blog 'Friend Blogger' ini kondisi kota Jakarta, penyebab banjir rutin tahunan, solusi, dan opsi untuk mengatasi banjir di Jakarta. Semoga dalam 5 tahun kedepan Jakarta lebih baik dari sekarang. Salam cemerlang!

ada banyak cara / ide kreatif, cuma kembali lagi mahu apa g buat merealisasikan

kunjungan pertama gan, salam kenal. kalo dtempat saya dari kecil hingga dewasa saat ini malah tidak pernah ada banjir, walaupun hujannya seharian, semoga yang terkena bencana banjir semoga airnya cepat surut. salam blogger

Maju terus. Cv bintang suplair siap mendukung perkembangan papua dengan support material bangunan dan jembatan. 081331310626 siap kapal cargo



Toko tanaman online
Jual bermacam-macam tanaman
Kebunbibit.id

Template Toko Online
Template Wordpress khusus bagi Anda yang ingin membuat Toko Online
www.oketheme.com

Online Shopping @ LAZADA
Belanja online elektronik, fashion, HP, tablet, laptop, komputer
www.lazada.co.id

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting dan domain Murah
www.niagahoster.co.id

Ads by friendblogger