gravatar

Ternyata Jumlah Benua ada 7 dan Indonesia ternyata merupakan negara Transcontinental

Saya pernah bertanya-tanya berapa sih sebenarnya jumlah benua di dunia ini. Soalnya ada yang menyebut 5, 6 bahkan 7. Ok mari kita sedikit belajar Geografi. Benua ini sebenarnya merupakan daratan yang luas yang ada di bumi. Kalau di pelajaran sekolah biasanya kita mempelajari benua ada  5 benua yaitu: benua Asia, Afrika, Amerika, Eropa dan Australia.     

Tapi sebenarnya benua itu ada 7 jika diperhatikan pada gambar di peta dunia di bawah ini:  (sumber gambar kids.britannica.com)

Menurut gambar ini ada 7 benua yaitu benua Asia, Afrika, Eropa, Australia, Amerika Utara, Amerika Selatan dan Antartika.      
Benua Amerika sebenarnya bisa dihitung menjadi 2 benua yaitu Amerika Utara dan Amerika Selatan. Sedangkan Antartika walaupun tidak berpenghuni tetap dihitung sebagai sebuah benua.


Letak Indonesia bukan hanya di benua Asia saja.
Kita orang Indonesia kalau ditanya letak Indonesia ada di benua apa, tentunya kebanyakan akan menjawab benua Asia. Tentu saja jawaban itu tidak salah. Namun kalau diperhatikan sebenarnya Indonesia itu terletak di dua benua, yaitu Asia dan Australia. Wilayah Indonesia disamping terletak di Asia juga ada sebagian wilayah Indonesia yaitu Papua ternyata masih merupakan bagian dari benua Australia. Jadi Indonesia bisa disebut negara dua benua.

Selama ini kita mengenal Turki saja yang merupakan negara yang terletak di dua benua (Asia dan Eropa) namun ternyata Indonesia juga merupakan negara dengan 2 benua (Asia dan Australia).

Negara yang wilayahnya ada di dua benua biasanya disebut dengan istilah Negara Transcontinental. Berikut 10 negara yang saya tahu berada di wilayah dua benua saat ini. Negara-negara tersebut yaitu:
1. Indonesia
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Indonesia terletak di benua Asia dan juga terletak di benua Australia. Wilayah Indonesia yang terletak di wilayah Australia yaitu Papua. Jadi tidak heran kalau keadaan alam Papua ada yang mirip dengan Australia termasuk hewannya seperti Kanguru dan Kasuari.
2. Turki
Negara Turki memiliki wilayah yang terletak di Asia dan Eropa. Istanbul merupakan wilayah turki di Eropa dan wilayah Turki yang disebut Asia kecil berada di wilayah Asia. Kedua area ini dipisahkan oleh selat Bosphorus. Walaupun Turki sebagian besar berada di wilayah Asia namun Turki lebih memilih bergabung bersama masyarakat eropa.
3.  Rusia
Russia adalah sebuah negara luas yang wilayahnya sebagian berada di benua Eropa dan sebagian lagi di benua Asia. Seperti halnya Turki, Rusia juga lebih sering disebut negara Eropa ketimbang Asia. Ibukota Rusia Moskow memang terletak di wilayah Eropa. Wilayah Rusia di Eropa dan Asia dipisahkan oleh pegunungan Ural.
4. Azerbaijan
Azerbaijan yang bekas pecahan Uni Sovyet ini juga memiliki sebagain wilayah di Eropa dan Asia.  Azerbaijan terletak di Pegunungan Caucasus yang memisahkan benua Eropa dan Asia.
5. Georgia
Georgia juga merupakan pecahan dari Uni Sovyet. Sama juga dengan  Azerbaijan, georgia memiliki wilayah di Eropa dan Asia yang dipisahkan oleh Pegunungan Caucasus.
6. Armenia
Armenia juga terletak di Pegunungan Caucasus sehingga memiliki wilayah di Asia dan Eropa.
7. Kazakhstan
Kazakhstan yang merupakan pecahan Uni Sovyet ini juga memiliki wilayah di Asia dan Eropa. Sebenarnya sebagian besar Kazakhstan berada di wilayah Asia namun  Kazakhstan juga memiliki wilayah di Eropa yang terdiri dari bagian barat Sungai Ural dan Emba.
8. Mesir
Mesir merupakan negara yang terletak di benua Afrika dan Asia. Wilayah Afrika dan Asia dibatasi oleh Terusan Suez yang berada di wilayah Mesir. Sebagaian besar wilaayh Mesir berada di wilayah Afrika sehingga Mesir lebih disebut sebagai negara Afrika ketimbang Asia namun sebagian kecil wilayah Mesir yaitu semenanjung Sinai berada di wilayah Asia.
9. Panama
Negara Panama terletak di benua Amerika. Namun jika kita memiliki pengertian bahwa benua Amerika terbagi lagi menjadi dua benua yaitu benua Amerika Utara dan Amerika Selatan maka Panama bisa disebut negara dua benua. Benua Amerika Utara dan Amerika Selatan dipisahkan oleh terusan Panama yang berada di tengah-tengah negara ini.
10. Chili
Chili terletak di benua Amerika Selatan namun Chili juga memiliki wilayah di benua Antartika. Chili memang sangat dekat posisinya dengan wilayah Antartika.

Mungkin masih ada beberapa negara yang masih bisa disebut negara transcontinental disamping yang disebutkan ini.

Terima kasih atas berbagi pengetahuannya ini mas...sudah lupa juga pelajaran geografi ini

Indonesia memang oke tempat yang selalu drindukan oleh orang dari luar negeri sayang bangsa sendiri banyak yang tidak bisa menghargai negara atau tanah airnya, SElamat tidur siang sob

iya ini diambil berdasarkan awal pembentukan sebelum es mencair

waduh nice info ni sob

5 jumlah benua
terpelajari saat sekolah dahulu
ada tambahan ini sdh resmi apa blm cak

ternyata turki lebih memilih eropa daripada asia hehe... payah

thanks udah berbagi , , ,

salam kenal jangan lupa mampir diblog q ya . . .

gravatar

@tomo: Kalau untuk sekolah di Indonesia masih dipelajari 5 benua.. Sedangkan sekolah di Amerika Serikat sudah disebut 7 benua

wah sudah lebih dari separo umur nggak belajar geografi jadi di kepala ini yang namanya benua ya masih ada 5 hhh

Kalau urusannya begitu jadi pusing kepala nih

iya juga ya...binatang2 papua pun katanya punya kesamaan dengan binatang di australia ya mas, seperti misal mempunyai ciri khas "berkantung", jadi tidak diragukan lagi hal yang mas paparkan di atas memang seperti itu adanya...

terima kasih mas telah berbagi

ternyata cukup banyak juga ya negara yg ada diantara dua benua, makasih gan infonya


berkunjung balik ke blog Bayu Setiawan ya, thx :)

Wah ternyata negara Indonesia letaknya cukup unik dan strategis ya mas :)

baru tahu saya, klo benua itu ternyata ada 7....

berapa juta tahun lagi negara kita dan benua australia akan menyatu dengan benua asia, begitu kata ahli geologi

Ketika kita bersekolah dulu memang diajarkan benua itu ada lima dan Indonesia terletak di Benua Asia. Tentu ilmu pengetahuan terus berkembang, definisi dapat berubah dinamis, begitu banyak versi dengan argumentasi masing-masing. Hal yang baru ini begitu menarik untuk diikuti. Indonesia memang negeri yang 'luar biasa' dengan posisi dan kekayaan alamnya. Terima kasih sharingnya. Salam cemerlang!

ternyata perlu rekonstruksi pengetahuan dasar juga

Wayah baru tau aku klo ada benua amerika utara sama amerika selatan, zamanku sekolah dulu mah 1 benua amerika doang hhe.... tapi klo dipikir bener sih Indonesia sebenernya negara diantara 2 benua, wong papua new guinea gandeng kok sama kita....

Bagus join kelas macam ini. Insyallah boleh membantu tambahkan ilmu blog lagi

Terima kasih gan atas artikelnya.
Menambah wawasan saya

Israel dan Siprus juga transcontinental, Israel sedang konflik dengan asia, terutama dg palestina dan negara² arab.Israel juga diperbolehkan mengikuti kualifikasi Eufa Euro, oleh karena itu Israel lebih berhubungan dekat dg Eropa ketimbang asia.

Sedangkan Siprus juga konflik dengan Turki atas perebutan wilayah, sehingga Turki mendirikan negara Republik Turki Siprus Utara. Dan kemudian, Siprus juga bergabung dengan Uni Eropa yang syaratnya haruslah negara di wilayah eropa. Siprus juga dibolehkan mengikuti Eufa Euro, sehingga siprus memang lebih dikenal negara di Eropa karena lebih sering berinteraksi dengan eropa daripada asia.

gravatar

@Tietoja Akbar : Israel dan Cyprus bukan negara transkontinental. Transkontinental disini secara letak geografis bukan politisnya.
Secara geografi Israel dan Cyprus terletak di benua Asia dan bukan bagian Eropa. Namun secara politis mereka memang lebih dekat ke Eropa.



Toko tanaman online
Jual bermacam-macam tanaman
Kebunbibit.id

Template Toko Online
Template Wordpress khusus bagi Anda yang ingin membuat Toko Online
www.oketheme.com

Online Shopping @ LAZADA
Belanja online elektronik, fashion, HP, tablet, laptop, komputer
www.lazada.co.id

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting dan domain Murah
www.niagahoster.co.id

Ads by friendblogger