gravatar

Tahun Hijriyah bisa menyusul tahun Masehi

Hari ini adalah tahun baru Hijriyah. Kita sudah memasuki tahun 1435 H. Berbeda dengan tahun baru kalender lain, tahun baru Hijriyah tidak dirayakan dengan pesta-pesta. Biasanya umat Islam akan merayakannya dengan membaca doa akhir tahun dan doa awal tahun.

Membicarakan tahun hijriyah yang sudah 1435 H sebenarnya ada hal yang menarik dari tahun hijriyah apalagi jika dibandingkan dengan tahun Masehi. Keduanya sama-sama 12 bulan tapi masing-masing bulan memiliki jumlah hari yang berbeda di setiap bulannya. Maksimal total hari dalam bulan hijriah adalah 30 hari berbeda dengan Masehi yang maksimal bisa 31 hari.

Urutan bulan di tahun hijriyah dan jumlah hari di tiap bulan tahun hijriyah: 1. Muharram (30 hari), 2. Safar  (29 hari), 3. Rabiul awal (30 hari), 4. Rabiul akhir (29 hari), 5. Jumadil awal  (30 hari), 6. Jumadil akhir (29 hari), 7. Rajab (30 hari), 8. Sya'ban (29 hari), 9. Ramadhan (30 hari), 10. Syawal (29 hari), 11. Dzulkaidah (30 hari), 12. Dzulhijjah (29/30 hari)

Total hari dalam setahun hijriah bisa 354 atau 355 hari.

Urutan bulan di tahun masehi dan jumlah hari di tiap bulan tahun masehi: 1. Januari(31 hari),  2. Februari(28/29 hari),  3. Maret(31 hari),  4. April(30 hari),  5. Mei(31 hari),  6. Juni(30 hari),  7. Juli(31 hari),  8. Agustus (31 hari),  9. September(30 hari),  10. Oktober(31 hari),  11. November(30 hari),  12. Desember (31 hari).

Total hari dalam setahun masehi bisa 365 atau 366 hari.

Jika kita perhatikan jumlah total tahun hijriah dan Masehi ada selisih 11 hari lebih banyak jumlah hari dalam kalender masehi. Dengan demikian tahun hijriah yang lebih sedikit 11 hari akan bisa menyamai jumlah tahun Masehi bahkan menyusulnya..

Kira-kira tahun berapa Hijriyah bisa menyusul tahun masehi?..
Saya bukan ahli hitung matematika tapi kita coba dibantu dengan tool konversi Masehi ke bulan hijriyah atau sebaliknya di http://rukyatulhilal.org/konversi/

Setelah dicoba-coba ini hasilnya:
Tahun hijriah angka tahunnya akan mulai sama pada tanggal 28 Desember 20841 M atau bertepatan dengan 1  Muharram 20841 H.

Tahun hijriyah akan menyusul tahun Masehi pada tanggal 13 Desember 20875 M yang bertepatan dengan 1 Muharram 20876 H

Tanggal unik lainnya adalah tanggal 1 Mei 20874 M akan sama dengan tanggal 1 Jumadil Awal 20874 H itu artinya tahun hijriyah akan sama angka tanggal, bulan dan tahunnya dengan angka tanggal, bulan dan tahun Masehi yaitu 1-5-20874.

Itu akan terjadi dengan syarat kalau dunia belum kiamat ya..  Kalau masih penasaran silakan coba sendiri hitung lewat konversi hijriah ke Masehi. Kalau saya yang salah hitung tolong kasih tahu ya di komentar.

Buat teman-teman semua saya Nandar mengucapkan Selamat tahun baru Hijriyah 1435 H. Semoga tahun ini kita semua menjadi lebih bertakwa dan lebih sukses dari sebelumnya.

Kenapa tahun baru Islam tidak banyak orang merayakannya, malah sebaliknya tahun baru masehi yang banyak dirayakan orang.
Ini yang perlu kita ubah kebiasan buruk kita.

wuhuu... saya sudah tak ada di dunia kalo tahun segitu :D

tahun hijriyah dengan tahun masehi memang tidak sama. tahun hijriyah harinya lebih sedikit dan berubah-ubah, sedangkan tahun masehi jumlah harinya relatif tetap. :)

selamat tahun baru hijriyah ^^

waduh tahun 20841 M, saya sepertinya sudah menyatu dengan tanah... :D

O ya ketinggalan,

SELAMAT TAHUN BARU 1435 H ^_^

saya sependapat jika tahun hijiah dan masehi bisa menyamai atau bahkan mendahului, secara suatu saat matahari akan terbit dari barat, dan itu logis

Malam tahun baru hijriyah suasananya tidak semeriah seperti malam tahun baru masehi. Seperti biasanya di Cemorosewu Ngancar Plaosan Magetan pada malam 1 Sura begitu ramai dengan orang dari berbagai daerah yang akan mendaki ke puncak Gunung Lawu yang memiliki ketinggian 3.265 meter.

Menarik sekali ulasannya tentang tahun masehi dan tahun hijriyah. Ada persamaan dan ada perbedaan diantara keduanya. Berbahagialah orang yang sanggup menghargai waktu.

Selamat Tahun Baru 1435 Hijriyah. Salam cemerlang!

selamat tahun baru muharam mas
tp menyusulnya masih lama

Mudah-mudahan kita bisa menjalani hidup ini dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan agama ya mas. Selamat tahun baru hijriyah. Mohon maaf ngucapinnya terlambat hehe ^^



Percetakan
Toko tanaman online
Jual bermacam-macam tanaman
Kebunbibit.id

Template Toko Online
Template Wordpress khusus bagi Anda yang ingin membuat Toko Online
www.oketheme.com

Online Shopping @ LAZADA
Belanja online elektronik, fashion, HP, tablet, laptop, komputer
www.lazada.co.id

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting dan domain Murah
www.niagahoster.co.id

Ads by friendblogger