gravatar

Solusi mengurangi kemacetan Jakarta

Jakarta semakin hari semakin macet saja.. Kemacetan Jakarta semakin parah seiring dengan bertambahnya kendaraan dan semakin padatnya penduduk. Sebagai warga Jakarta saya juga merasakan dampak dari kemacetan di Jakarta. Sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan oleh Jakarta untuk mengurangi kemacetan. Sebagian memang sudah dilaksanakan tapi masih belum maksimal.

Membangun pusat perizinan birokrasi di banyak tempat
Kemacetan di Jakarta juga biasanya terjadi karena banyak masyarakat atau perusahaan yang menuju pusat-pusat birokrasi untuk mengurus segala perizinan. Untuk mengurus perizinan perusahaan saja orang bisa mengurus ke beberapa instansi. Bahkan urusan pribadi seperti membuat akte tanah, akte kelahiran dll bisa bolak-balik ke tempat instansi yang mengeluarkan izin tersebut. Karena itu sebaiknya dibuat perizinan satu pintu yang melayani segala jenis perizinan atau surat-surat. Kantor perizinan ini juga harus dibuat minimal di tiap kecamatan di Jakarta. Setidaknya ini akan mengurangi arus lalulintas masyrakat yang biasanya bolak-balik mengurus perizinan di Jakarta.

Memaksimalkan kegiatan online
Kegiatan online bisa mengurangi kemacetan. Jika segalanya bisa dilakukan secara online seperti bekerja, mengurus perizinan, transaksi keuangan dll maka dengan sendirinya orang tidak keluar rumah dan cukup hanya dari komputer saja. Hal ini akan sangat mengurangi kemacetan di lalu lintas.

Mengurangi hambatan di tiap perempatan jalan
Kemacetan parah  biasanya terjadi di tiap perempatan jalan karena itu sebisa mungkin perempatan dibangun underpass atau flyover. Di jakarta memang sudah dibangun underpass atau flyover tapi sebaiknya pembangunannya itu diperbanyak lagi.
Membangun underpass atau jalan bawah tanah  pada perempatan jalan yang rawan kemacetan akan mengurangi kemacetan karena mobil yang saling bersimpangan bisa terus jalan tanpa perlu terhambat lampu lalu lintas.
Begitu juga dengan membangun banyak jalan layang maka arus lalu-lintas jadi lancar tanpa terjebak macet lagi. Biayanya memang mahal tapi efektif mengurangi kemacetan di persimpangan jalan.

Membuat transportasi umum yang nyaman dan jalurnya bisa diandalkan
Banyaknya jumlah Mobil pribadi merupakan  salah satu penyebab kemacetan. Pemakai mobil pribadi bisa saja mengalihkan ke transportasi umum seperti bis kota. Namun seperti kita ketahui bahwa transportasi umum masih belum bisa diandalkan. Disamping karena masih belum nyaman dan juga jalurnya masih belum bisa diandalkan. Banyak jalur-jalur di Jakarta yang masih belum dilalui oleh kendaraan umum atau jika dilalui pun kendaraan umumnya tidak langsung menuju tempat yang kita tuju dan terlalu banyak memutar sehingga kita lama untuk menuju lokasi yang dituju. Seharusnya kendaraan seperti bis kota metromini dan kopaja diperbaiki lagi kenyamanannya juga jalurnya dicari yang efektif. Memang sudah ada busway yang sudah lumayan nyaman tapi kendaraannya masih jarang juga jalurnya tidak lewat ke segala tempat, jadi tidak bisa diandalkan.

Mengganti jalur busway dengan monorel
Busway memang alternatif terbaik saat ini untuk menghindar dari kemacetan Jakarta. Namun disisi lain busway juga merupakan salah satu penyebab kemacetan di Jalan. Banyak jalur jalan yang biasanya dipakai kendaraan diambil alih oleh busway. Kendaraan juga takut menyimpang ke jalur busway ketika ingin memutar jalan karena busway biasanya cepat karena itu di tiap putaran yang bersentuhan dengan busway masih sering terjadi kecelakaan. Dalam jangka panjang sebaiknya mulai memikirkan untuk mengganti jalur busway dengan monorel. Monorel tidak akan banyak mengambil jalur jalan raya dan jika sudah dibangun monorel maka jalur busway bisa dikembalikan fungsinya semula untuk kepentingan umum semua kendaraan. Sedangkan busway bisa menjadi bus dengan jalur biasa tanpa harus melewati jalur khusus lagi.

Membangun MRT, subway
Kereta api jalur biasa atau jalur bawah tanah seperti subway memang solusi terbaik untuk mengatasi kemacetan. Namun biayanya sangat mahal dan pembangunannya juga sulit. Tapi seperti halnya di Tokyo Jepang masalah kemacetan sangat bisa teratasi dengan adanya subway ini. Subway harus dibangun karena itu solusi yang bagus untuk Jakarta.


Membangun trotoar dan jalur sepeda
Trotoar bisa mengurangi kemacetan?.. sebenarnya trotoar ini untuk jalan orang. Di Jakarta ini masih banyak orang yang jika menuju tempat dekat saja menggunakan kendaraan karena jika berjalan di trotoar masih belum nyaman dan bahkan berbahaya. Jika trotoar diperbaiki lagi maka orang bisa lebih banyak yang senang berjalan kaki dibanding naik kendaraan umum. Begitu juga bisa dibangun jalur sepeda dan tempat parkir sepeda di tempat-tempat umum juga di halte busway. Ini bisa mengurangi kendaraan pribadi di Jalan.

Membuat suasana lebaran setiap hari di Jakarta
Ketika lebaran tiba biasanya jalan di Jakarta sangat sepi. Ini bukti bahwa kebanyakan warga Jakarta merupakan pendatang. Ketika hari raya Idul Fitri mereka biasanya pulang kampung sehingga Jakarta menjadi sepi.

Sepertinya memang tidak mungkin membuat lebaran tiap hari di Jakarta tapi intinya bagaimana membuat para pendatang lebih betah di kampungnya masing-masing. Pembangunan di daerah-daerah dengan banyak fasilitas seperti di kota dan kesempatan kerja yang luas di daerah akan membuat para pendatang akan kembali ke daerahnya masing-masing dan meninggalkan Jakarta. Saya sendiri pun mungkin akan lebih senang tinggal di kampung yang udaranya masih segar, namun fasilitas kampung yang masih kurang dan juga kesempatan untuk mencari uang masih kurang membuat kita bertahan di Jakarta.

boleh jadi penasehat tata kota Pak Jokowi ni mas Nandar

@munir ardi: hehe bisa aja nih mas Munir

semua solusi diatas masuk diakal semua mas...tetapi kalau kepentingan "politis" yang dipaksa . memaksa...semua solusi menjadi apa?

dinegeri ini para pejabatnya tidak berjiwa nasionalis, semua dipandang demi kepentingan investor luar/bisnis kelompok

terakhir adalah kembali kepada kesadaran diri sendiri, warga jakarta mau diatur atau nggk, itu yang sebenernya jadi masalah

transportasi umum harus diperbaiki

Sulit untuk mengurangi kemacetan di jakarta ini. Solusi yang tepat adalah pindahkan IBukota Indonesia di Kota lain. Pasti nggak macet lagi dech. hehehe :D

apapun solusinya..selama manusia yang berlalu lintas tak bisa tertib...tetap bakalan macet :-)

Solusi yang bagus namun harus di sadari bagi etiap warga dan aparatnya untuk bersama mengenyampinkan ego pada saat di jalan raya juga perlu loh kang. he,, he,,he,,,,

Salam,



Percetakan
Toko tanaman online
Jual bermacam-macam tanaman
Kebunbibit.id

Template Toko Online
Template Wordpress khusus bagi Anda yang ingin membuat Toko Online
www.oketheme.com

Online Shopping @ LAZADA
Belanja online elektronik, fashion, HP, tablet, laptop, komputer
www.lazada.co.id

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting dan domain Murah
www.niagahoster.co.id

Ads by friendblogger