gravatar

Membuat supermarket alami di kebun

Setiap saat kita selalu membutuhkan barang-barang konsumsi produk pabrik yang biasanya kita beli di supermarket atau warung seperti makanan, minuman, sabun, sampo, odol, minyak dsb..

Saya membayangkan kalau di zaman dulu kan belum ada produk seperti itu, jadi bagaimana nenek moyang kita mendapatkan kebutuhan yang mirip seperti itu seperti sabun dsb.. Ternyata mereka menggunakan bahan alami.

Jadi kepikiran ingin juga menanam tanaman yang baik buah, daun atau bagian lainnya bisa menggantikan bahan modern yang kita biasa kita beli di supermarket.. Soalnya barang produk pabrik makin mahal saja dan juga ada bahan kimianya yang ternyata membuat kita jadi sakit. Jadi saya coba kumpulkan bahan bacaan untuk beberapa tanaman yang kemungkinan bisa saya tanam kelak jika saya punya kebun luas agar saya bisa tidak tergantung dengan bahan dari pabrik.


Berikut Catatan Bahan alami yang bisa menggantikan bahan modern:


Sukun pengganti roti
Buah Sukun bisa menjadi pengganti roti.  Tekstur daging buahnya memang empuk mirip roti. Cara mengolahnya tinggal dikupas, kemudian digoreng atau direbus..


Alpukat  pengganti mentega
Buah alpukat bisa menjadi pengganti mentega.. Daging buah alpukat sangat lembut mirip mentega. alpukat mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 jadi baik juga buat kesehatan. Selain itu alpukat bisa dibuat juss.


Asam jawa pengganti permen
Buah asam jawa bisa dijadikan sebagai pengganti permen. Tapi pilih asam jawa yang jenisnya asam jawa manis.. Buahnya ini enak diemut jadi bisa jadi pengganti permen.


Kelapa pengganti minuman energi
Jika punya kebun maka pohon kelapa sepertinya wajib ditanam karena pohon ini banyak manfaatnya. Air Kelapa bisa dijadikan pengganti minuman penyegar atau minuman energi. Daging buahnya bisa jadi penganti kue. Atau parutan daging buahnya juga bisa dibuat santan. Air niranya bisa jadi gula. Batoknya bisa dibikin jadi arang. Serabut kelapa bisa jadi sikat dll.


Singkong pengganti kue
Umbi singkong kalau diolah bisa jadi pengganti kue. Tinggal direbus atau digoreng umbi singkong sangat enak.


Biji jarak pengganti minyak tanah
Biji jarak bisa diambil kandungan minyaknya sebagai bahan bakar alternatif pengganti minyak. Bahkan sudah ada yang membuat kompor dengan bahan bakar dari biji jarak. Biji Jaraknya langsung diletakkan di atas tangki dan bisa langsung jadi bahan bakar tanpa banyak proses pengolahan.


Daun Pisang pengganti minyak goreng
daun pisang tinggal di masukkan untuk melapisi wajan atau penggorengan. Permukaannya yang licin bisa untuk menggoreng masakan di atas daun pisang tanpa perlu minyak goreng.


Serai pengganti obat nyamuk
Untuk menjadikan serai sebagai obat nyamuk caranya daun serai dihaluskan kemudian jemur. Setelah kering rendam di air. Air rendamannya itu bisa jadi obat nyamuk sedangkan ampasnya dibuang. Airnya kemudian tinggal dimasukkan ke alat semprot nyamuk. Jadi deh obat nyamuk.


Batang Honje/Kecombrang pengganti sabun mandi.
Kecombrang bisa dijadikan sabun untuk mandi. Bau kecombrang memang mirip sabun. Caranya batang kecombrang dimemarkan sampai keluar busa. Kemudian batangnya itu sudah bisa dijadikan sabun. Tinggal digosokkan ke badan. Bau Kecombrang harum dan kecombrang juga bagus untuk kulit.


Kembang Sepatu pengganti shampo
Daun dan bunga Kembang Sepatu bisa jadi shampo. Caranya tumbuk daun dan bunganya kemudian diremas dengan ditambah air sedikit demi sedikit sampai keluar cairan kental mirip shampo. Cairan itu bisa dijadikan shampo dan bagus buat rambut dan kulit kepala kita.


Lidah buaya pengganti tonik rambut
Lidah buaya bagus buat rambut. Bagian yang berlendirnya bisa dipakai sebagai pengganti tonik rambut.


Cengkeh pengganti pengharum mulut

Buah Cengkeh baunya harum dan bisa jadi pengganti obat pengharum mulut. Caranya cuci cengkeh dengan air kemudian sudah bisa langsung kita kulum dimulut sampai mulut kita harum.


Siwak pengganti sikat gigi
Kayu ranting pohon siwak bisa dijadikan sebagai pengganti sikat gigi sekaligus odolnya. Enggak perlu pakai odol lagi jika kita menyikat gigi dengan siwak. Cuma saya kurang tahu dimana yang jual bibit siwak di Indonesia. 


Sirih pengganti bahan antiseptik alami
Sirih ini sudah terkenal khasiatnya.. Daunnya bisa jadi antiseptik alami.


Buah lerak pengganti sabun cuci baju
Buah lerak biasanya dipakai untuk mencuci kain batik namun sebenarnya buah lerak juga bisa dipakai untuk baju biasa. 


Jeruk nipis pengganti cuci piring
Air perasan jeruk nipis sangat bagus untuk mencuci piring. Baunya juga harum.



Sebenernya masih banyak tanaman yang bisa ditulis disini. Namun menaman pohon-pohon itu saja sepertinya sudah bisa mengurangi ketergantungan kita dengan produk pabrik.

Kalau kita punya kebun luas maka tanamlah pohon-pohon ini sehingga kita bisa membuat supermarket alami.

lengkap deh mas supermarket Alaminya cuma sukun saat ini sudah jarang dijumpai apalagi kulitnya ekarang diekstrak karena menjadi obat herbal

kalo begini caranya harus punya lahan yang cukup luas sob :D

Tips yang sangat menarik mas. Jadi bisa dijadikan sebagai solusi alternatif untuk membuat produk sendiri dari kebun ya. Masalahnya hanya saja kita tidak punya kebun yang luas hehe :D

wah mantep ni mas semua ada tersedia disekeliling kita ya ternyata....tapi kalau asam pengganti permennya yang bener2 asem pasti ngernyit2 terus ya dahinya heheh

@munir ardi: Iya sudah jrg yg nanam sukun.. Tapi saya ada pohon sukun di kebun bapak saya di kampung cuma buahnya enggak banyak.
@ Intan Sudibjo: yup
@Wahyu Eka Prasetiyarini: Saya juga belum punay kebun sendiri.. Jadi mumpung muda, ditabung dulu. Siapa tahu balik ke kampung he he.
@wewengkon sumedang: Buah asamnya bukan yg jenis asam buat sayur tapi yang jebius sweet tamarind.. Saya ingat dulu waktu SD, jenis buah asam ini suka dijual di warung buat makanan anak2.

produk jadi rata menyebabkan sakit setelah mengkonsinya stlh puluhan tahun, misal kanker
repot jadinya

ada juga mas roti jawa itu ubi jalar, pernah sya di kasih roti sama orang builangnya bukan ketela tapi Roti Jawa

gravatar

@Rizkyzone.com : iya bener ubi juga tuh.. daunnya juga enak buat dilalap

gravatar

@tomo: Iya zat kimia yg menumpuk ditubuh karena mengkonsumsi produk kimia memang berbahaya..

buah sukun goreng yang paling aku suka, berteman secangkir kopi terasa mantap sekali

lengkap sekali kebunnya, berarti luas dong mas .
saya suka sukun rebus dan juga jagung rebus

Mungkin alternatifnya membuat kebun dari pot mas, supaya bisa menghemat lahan hehe :D

soalnya harga tanah sekarang mahal banget :)

emang kembang sepatu bisa jadi shampo?
baru tau saya, tapi ntar wanginya gimana ya Dx

wah wah jadi inget masakecil
nanem buat konsumsi sendiri :)

@galulus.tk: kembang sepatu baunya sedikt wangi. Saya juga ud pernah pake.. Bagus buat numbuhin rambut

jaman sekarang serba instan... padahal banyak bahan alami dapat diperolh lagnsung dari lingkungan



Toko tanaman online
Jual bermacam-macam tanaman
Kebunbibit.id

Template Toko Online
Template Wordpress khusus bagi Anda yang ingin membuat Toko Online
www.oketheme.com

Online Shopping @ LAZADA
Belanja online elektronik, fashion, HP, tablet, laptop, komputer
www.lazada.co.id

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting dan domain Murah
www.niagahoster.co.id

Ads by friendblogger