gravatar

Indonesia bisa dapat 20 ribu triliun rupiah per tahun hanya dari kekayaan sumber daya alam

Ternyata Indonesia ini bisa menjadi kaya jika kekayaan alam benar-benar dikelola dengan benar oleh negara.  Hal itu  disampaikan Ketua KPK Abraham Samad ketika menjadi pembicara dalam talkshow Quo Vadis bertajuk Korupsi Sektor Migas yang disiarkan live oleh TVRI, Kamis malam (22/8). Menurut Abraham Samad seperti dikutip dari rmol.co, "Kita sudah menghitung lewat Litbang kita, minimal kalau kita perbaiki sistem pengelolaan dan ketat mengawasi sektor sumber daya alam ini, maka akan diperoleh royalti 20 ribu triliun per tahun."

Abraham Samad juga menyebutkan seperti dikutip dari republika.co.id, Menurutnya dari tiga buah sumur minyak besar yang dimiliki Indonesia: Blok Cepu, Blok Mahakam, Blok Madura, sebagian besar sahamnya dikuasai asing. "Kalau kita nasionalisasi sekitar 60 persen saham tiga blok itu dan sumur-sumur minyak kita lainnya, pertahun kita bisa mendapat Rp 7.200 triliun," ujarnya.

Wow bayangin aja ya dari blok sumur minyak aja kita bisa dapat 7200 trilyun. Bayangin kalau seluruh pertambangan dikuasai negara bisa dapat berapa Indonesia ini. APBN-P Indonesia yang sebesar Rp 1.500 triliun per tahun enggak apa apa-apanya dibanding 20 trilyun itu.  Sayangnya kekayaan alam Indonesia saat ini masih dikuasai asing  dan pengusaha tambang itu tidak bayar royalti sebenarnya ke negara Indonesia.

Kekayaan alam Indonesia begitu besar untuk meningkatkan pendapatan, sayangnya pemerintah malah fokus untuk memajaki rakyatnya ketimbang fokus untuk meraih penghasilan dari kekayaan alam Indonesia. 


Sumber bacaan:
http://news.detik.com/read/2013/10/21/191036/2391564/10/kpk-tanpa-korupsi-penghasilan-rakyat-indonesia-rp-30-juta-per-bulan
http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/13/09/07/msqzr1-nasionalisasi-tiga-sumur-utama-bisa-hasilkan-rp-7200-triliun
http://www.tribunnews.com/nasional/2013/09/07/abraham-samad-indonesia-kaya-kalau-migas-tak-dikuasai-asing
http://www.rmol.co/read/2013/08/22/122869/Abraham-KPK:-SDA-Dikelola-Benar,-Royalti-Per-Tahun-Rp-20-Ribu-Triliun-

aduhh.. kalo baca yang beginian saya suka sakit hati bikin bodoh-bodohin pemerintah, :/

pengelolaan kekayaan alam sungguh amburadul

sungguh sayang ya...kekayaan kita lari entah kemana...salam kenal mas, saya follow blognya ya mas, terima kasih

Wah seandainya jumlah nominal uang triliunan tersebut bisa di dapat di raih mungkin nasib bangsa ini akan berubah ya, tapi seperti masih mimpi.

tapi tidak kaya gitu mas, nyatanya kami-kami masih jauh dari hidup berkecukupan

Tidak apa jka masih dalam tataran mIMPI. Justru dari MIMPI itulah kita punya visi dan misi yang akan diwujudkan di masa yang akan datang. Tidak apa berani ber mimpi tapi harus juga berani mewujudkannya

Dikuasai negara itu lebih bagus, asal aparatur negaranya jujur. Kalau tidak tetap rakyat sengsara karena dikorupsi. Ah negara kaya kok rakyatnya banyak yang sengsara ya ?

kalau mendengar kata pemerintah saat ini saya jadi mules mas.
entah kenapa

kayak benar negara kita,
tapi kenapa masih ada orang yang korupsi!

izin follow blognya

sebenarnya negara kita ini adalah negara terkaya didunia hanya saja SDM nya kurang mendukung.
yuk kita siapkan anak2 kita kelak untuk menjadi generasi yang bekerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas untuk mewujudkan cita2 bangsa sesuai UUD 45..

wah hebat juga ya indonesia bisa memperoleh pendapatan sebesar itu. tapi kayaknya yang sampai di tangan rakyat hanya sedikit dech karena udah dikorupsi oleh para pejabat :)

dan sangat di sayangkan pemerintah lebih suka pengelolaannya di kelola pihak asing yang penting pemerintah dapat bagian udah beres, padahal sebenarnya SDM Indonesia pastinya sangat banyak apabila mau blusukan, dan parahnya lagi itu terkesan perintah tak percaya dnagn kemampuan SDM rakyatnya. #Ironis

Sumber daya melimpah, kekayaan melimpah, sayang semua bocor di kantong koruptor

Indonesia memiliki kekayaan alam dan keragaman yang tiada duanya di dunia ini. Ulasan atau berita yang amat menarik. Semoga pernyataan tersebut ada tindaklanjutnya secara nyata dan bukan hanya sebatas wacana saja. Seluruh komponen bahu-membahu untuk mewujudkan Indonesia yang adil, sejahtera, dan makmur. Indonesia Bisa! Salam cemerlang.

wih keren banget ya indonesia :) i love you indonesia

alangkah baiknya jika kekayaan alam tersebut beserta sumberdaya manusia bisa kompak yakni bisa mengelolanya untuk kepentingan rakyat :)



Toko tanaman online
Jual bermacam-macam tanaman
Kebunbibit.id

Template Toko Online
Template Wordpress khusus bagi Anda yang ingin membuat Toko Online
www.oketheme.com

Online Shopping @ LAZADA
Belanja online elektronik, fashion, HP, tablet, laptop, komputer
www.lazada.co.id

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting dan domain Murah
www.niagahoster.co.id

Ads by friendblogger