gravatar

Kenalan dengan Indonesia

Tidak kenal maka tidak sayang... Karena itu supaya kita lebih sayang dengan Indonesia, mari kita coba lebih mengenal negeri ini.

Asal Nama negara Indonesia
Siapa yang memberi nama negeri ini Indonesia? Darimana nama Indonesia berasal?.. Banyak orang Indonesia yang tidak tahu hal itu termasuk saya sebelum baca wikipedia. Nama itu berasal bukan dari orang Indonesia, adalah James Richardson Logan yang pertama memberikan nama untuk kepulauan Nusantara ini dengan nama Indonesia pada  tahun 1850. James Richardson Logan, seorang sarjana hukum lulusan Universitas Edinburgh, Skotlandia, mengusulkan nama "Indonesia" untuk kepulauan Nusantara ini yang sebelumnya dikenal sebagai Kepulauan Hindia. Nama Indonesia berasal dari bahasa Latin Indus yang berarti India dan bahasa Yunani nesos yang berarti pulau. Jadi sebenarnya sama juga ya artinya kepulauan Hindia juga. Nama Indonesia kemudian dipakai Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara) yang menjadi orang pribumi pertama yang menyebut negeri ini sebagai Indonesia.

Asal bahasa Indonesia
Bangsa Indonesia mayoritas dari suku Jawa dan Sunda tapi lebih memilih bahasa Indonesia sebagai bahasa negara ini. Darimana bahasa Indonesia berasal?.. Bahasa Indonesia berasal dari  bahasa Melayu Riau  yang sudah ditambah, diubah atau dikurangi menurut keperluan zaman (sebagaimana diungkapkan oleh Ki Hajar Dewantara dalam Kongres Bahasa Indonesia I tahun 1939 di Solo, Jawa Tengah).
Bahasa Melayu sendiri ternyata juga sudah digunakan sejak kerajaan Sriwijaya. Kerajaan Sriwijaya dari abad ke-7 Masehi diketahui memakai bahasa Melayu kuno.  Melayu sendiri diyakini merupakan sebuah kerajaan kuno di Jambi yang kemudian tergabung ke dalam Sriwijaya. Tentunya tidak heran jika bahasa Melayu juga digunakan di Malaysia dan Brunei karena keduanya pernah berada di bawah kerajaan Sriwijaya.

Asal Bendera Indonesia
Bendera merah putih darimana berasal ya?.. Ada yang tahu?.. Kalau yang ini sepertinya banyak yang tahu. Warna bendera Indonesia yang berwarna merah putih berasal dari bendera Kerajaan Majapahit pada abad ke-13. Bendera Indonesia memiliki makna filosofis. Merah berarti berani, putih berarti suci.

Asal lagu Indonesia Raya
Lagu Kebangsaan Indonesia ialah Indonesia Raya. Kalau yang ini juga banyak yang tahu. Lagu Indonesia Raya diciptakan oleh WR Supratman dan dikumandangkan pertama kali  pada Kongres Pemuda 28 Oktober 1928 di Jakarta.

Asal dasar negara Pancasila
Pancasila merupakan dasar negara Indonesia. Siapa pencipta Pancasila? Sukarno disebut sebagai yang pertama kalinya melahirkan dan mengusulkan Pancasila sebagai dasar filsafat negara pada tanggal 1 Juni 1945 dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

Asal Lambang negara burung Garuda Pancasila
Garuda merupakan lambang Indonesia.  Siapa yang membuat lambang burung Garuda Pancasila?..  Sutan Hamid Algadrie atau Sultan Hamid II yang berasal dari Kalimantan sebagai pembuat lambang Garuda Pancasila.


Sumber bacaan: Wikipedia dan googling

iya walaupun begitu tanpa itu semua, kami tetap bangga menjadi orang Indonesia....

salam sehat ^_-^

Indonesia suatu hari akan ke puncak dan dipandang sebagai bangsa besar di dunia seperti Jaman Gajah MAda Semoga

jadi pelajaran sejarah di SD sobat....salam kemerdekaan :-)

komplit infonya sob... makasih ya

Akhiran nesia, khas negara negara wilayah pasifik



Percetakan
Toko tanaman online
Jual bermacam-macam tanaman
Kebunbibit.id

Template Toko Online
Template Wordpress khusus bagi Anda yang ingin membuat Toko Online
www.oketheme.com

Online Shopping @ LAZADA
Belanja online elektronik, fashion, HP, tablet, laptop, komputer
www.lazada.co.id

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting dan domain Murah
www.niagahoster.co.id

Ads by friendblogger