gravatar

Wajib militer di Indonesia

DPR sedang membahas draft Rancangan Undang-undang Komponen Cadangan Pertahanan Negara (KCPN). Dalam Pasal 8 ayat 3 RUU ini menyatakan, pegawai negeri sipil, pekerja, dan buruh, yang telah memenuhi persyaratan, wajib menjadi anggota komponen cadangan.

Undang-undang ini dinilai kontroversi karena dianggap sebagai dasar pelaksanaan wajib militer untuk warga Indonesia. Berdasarkan pasal-pasal itu, warga negara Indonesia yang dengan sengaja tidak ikut menjadi Komponen Cadangan bisa dipenjara mulai 6 bulan hingga 2 tahun.

Jika Undang-undang ini disetujui maka orang-orang yang memenuhi syarat akan diwajibkan untuk menjadi Komponen Cadangan atau wajib militer ini...  Wajib militer sebenarnya sudah juga diterapkan di negara-negara seperti Singapura, Thailand, Korea dan Israel.



Baca juga:

http://news.detik.com/read/2013/05/31/163713/2261719/10/pkb-dukung-wajib-militer-untuk-warga-sipil?nd771104bcj

http://news.liputan6.com/read/601660/pkb-wajib-militer-sudah-saatnya-diberlakukan/?related=pbr&channel=n

http://news.liputan6.com/read/603771/tolak-wajib-militer-warga-indonesia-bisa-dibui-6-bulan-2-tahun

http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/13/06/03/mnslk5-wajib-militer-harus-dijalankan-karena-amanat-uu

tidak setuju!!...berapa dana lagi untuk "acara" tersebut....

Kenapa perlu diadakan Wajib Militer baru sekarang? apakah ada maksud dan tujuan lainnya??

aku pasti ga ikut wamil, karena uzur yang kumiliki

Sebagai warga negara yang baik kita dukung upaya tersebut untuk berpartisipasi didalam bela negara sebagai komponen cadangan. Dharma bakti untuk Ibu Pertiwi.

kalau ada yang nyerang negara kita mau tidak mau ya kita mesti bela negara

Wajib militer saya rasa kalau negara memang membutuhkan.
Tetapi saya rasa saat ini belum ada kontribusinya yang berarti.
Lihat saja masih banyak juga aparat yang bekerjanya tidak maksimal juga kan.

Kita tunggu bersama perkembangan berita tentang wajib militer ini

waah keren nich Sob tampilan Blognya, tadi saya kira Facebook...

kalo saya, mauuu! menantang nih Mas. cuma waktu kita makin tersita tapi ya? wahh, kalo gitu, nggak mauuuu

kayaknya bakal jadi kontroversi ni

gpp kayaknya, biar pemuda-pemudi makin diperkuat nasionalismenya

wajib militer ini sebenarnya sangat perlu buat melatih agar kita mengetahui tentang pertahanan negara dan buat membela negara, namun wajib militer itu hanyalah sebagai pengetahuan dasar saja..dan bukan buat jadi tentara....dan apabila negara memerlukan karena sedang diserang oleh negara lain..maka rakyatpun bisa turut berperan membela negara....masakan rakyat indonesia tidak mau membela negaranya sendiri :-)

wah Artikelnya perlu dibaca ni,,,,, ijin baca y gan ,,,, moga sukses

trimakasih ...sangat inofatif sekali



Toko tanaman online
Jual bermacam-macam tanaman
Kebunbibit.id

Template Toko Online
Template Wordpress khusus bagi Anda yang ingin membuat Toko Online
www.oketheme.com

Online Shopping @ LAZADA
Belanja online elektronik, fashion, HP, tablet, laptop, komputer
www.lazada.co.id

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting dan domain Murah
www.niagahoster.co.id

Ads by friendblogger