gravatar

Siap-siap kena Sensus pajak

Mulai hari ini Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak akan menggelar sensus pajak secara serentak di seluruh Indonesia, sejak hari ini Jumat 30 September 2011 sampai akhir Desember 2012, dan bila diperlukan akan diperpanjang. Ada 3 sasaran sensus pajak yaitu pusat komersial, perkantoran, dan apartemen atau perumahan. Sensus pajak Nasional (SPN) adalah kegiatan pengumpulan data mengenai kewajiban perpajakan dalam rangka memperluas basis pajak.

Di Indonesia tiap orang yang sudah punya pendapatan di atas PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak) wajib memiliki NPWP. Besar PTKP ini Rp. 15,84 juta/tahun atau Rp 1,32 juta/bulan. Jadi kalau kamu punya pendapatan di atas PTKP sudah wajib punya NPWP. Kalau ingin baca peraturan lebih lengkap bisa dibaca ke http://www.pajak.go.id/. Jadi pajak itu tidak sekedar hanya PBB, ppn atau pajak kendaraan saja tapi juga pajak penghasilan pribadi.

Pajak dianggap perlu oleh pemerintah karena 70 Persen APBN dari Pajak sedangkan penghasilan dari Sumber daya alam tidak cukup. Sumber daya alam Indonesia saat ini dikelola oleh Negara asing dan sangat sedikit keuntungannya bagi Indonesia.

Jadi buat temen-temen yang belum punya NPWP dan penghasilannya di atas 1,32 juta perbulan mungkin bisa daftar NPWP. Kata pribahasa di negara maju, tak ada yang pasti dalam hidup, kecuali kematian dan pajak! dan saat ini setiap orang Indonesia mulai untuk siap-siap kena pajak seumur hidupnya.

baca juga:
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/09/30/08543423/Sensus.Pajak.Nasional.Dimulai
http://monitorindonesia.com/?p=44571

kalau untuk swasta seperti saya dalam satubulan saja tidak sampai 1 juta pendapatan apa harus disensus juga gan.
apa yang ahrus disiapkan ini

blogger juga kena sensus pajak? monetizeku belum ada yg berhasil :(

iya benar..70 persen APBN dari pajak..tapi banyak juga kebocoran dari situ..... Buat kami tertib wajib dan mematuhinya adalah penting..tetapi tidak kalah penting adalah kejujuran kerja dari pejabat-pejabat negara. kemarin, mulai dari pejabat rendah sampai tinggi bermental korup...sekarang..sama saja...jadi ?...hukum!....kedudukan hukum harus setara...kita akan ikhlas mengeluarkan pajak untuk negara ini...tetapi keadilan pada hukum juga harus sama rata.

mungkin bayar pajaknya sambil menggerutu coz yg diatas mengemplang pajak, rakyat kecil cape...
Indonesia harus bisa tertib.

rakyat kecil sekarang udah pinter2 loh ^_^

hii salam kenal iya dari vira .. :)
jangan lupa mapir keweb vira iya di http://www.rumahkiat.com/ vira mau berbagi pengalaman nih.:)
wah bagus juga iya blog ka2 ... ^_^ good luck iya.....
SALAM BLOGER INDONESIA..:)

aku belon punya, masih di bawah umur :D
kalo pajak petugas sensusnya semangat, tapi kalo nyensus duit yg ditilep dari pajak kapan ya semangatnya :he he:

siap-siap bayar pajak.. moga2 ga dimakan lagi sama gayus cs. tetap positif thinking bayar pajak yuk.. :)

seadanya pajak ndak bocor kemana-mana, betapa indahnya negeri ini dalam kemakmuran.

orang bijak pasti taat bayar pajak.. :)

semoga pajak di Indonesia bisa berjalan dengan lancar dan baik, semoga juga hasilnya bisa digunakan untuk kepentingan rakyat banyak....

mohon maaf baru bisa silaturahim lagi, karena banyaknya pekerjaan off line yang tidak bisa ditinggalkan...

semoga sukses selalu n TETAP SEMANGAT

klo pengangguran kayak aku masih harus bayar pajak gak ya :D

@Sariawan: Kalau di bawah PTKP mah tidak wajib pajak.
@r10: kalo blogger yg penghasilannya wah ya kayaknya bakal kena juga
@aryadevi: kalo bisa sih dibalik ya jangan 70 persen dari pajak tapi apa bisa.
@narti: rata2 emang pada gerutu kalo bayar pajak
@sda: yup
@vira :salam kenal juga
@alkatro: kalo soal duitsih pasti semangat
@Kirana: negatif thingking juga boleh kok emang kenyataannya sih
@Djangan Pakies: Kalo udah makmur sih kalo bisa enggak ada pajak lagi
@saidialhady : di dunia ini enggak ada yg pasti
@Harto: sama2
@Corat - Coret [Ria Nugroho]: kalo pengangguran mah enggak perlu kena pajak

Perasaan NPWP aku dibayarin sama kantor deh, jadi bukan aku yg bayar pajaknya hhe... :) yg penting aku taat pajak lah wkwkwk... makasih informasinya sob..

aku pesimis dengan hal ini
tata kelola pajak yg sangat memberatkan rakyat.
serasa di jaman penjajahan saja

@Ferdinand:kalo karyawan lebih enak laporan pajaknya
@ayu:ya kadang pajak membuat rakyatnya merasa dijajah.. semoga saja di Indonesia akan jadi lebih baik nantinya

alhamdulillah taat pajak saya mas.. hehe newbie nih.. salam kenal



Toko tanaman online
Jual bermacam-macam tanaman
Kebunbibit.id

Template Toko Online
Template Wordpress khusus bagi Anda yang ingin membuat Toko Online
www.oketheme.com

Online Shopping @ LAZADA
Belanja online elektronik, fashion, HP, tablet, laptop, komputer
www.lazada.co.id

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting dan domain Murah
www.niagahoster.co.id

Ads by friendblogger