gravatar

Indonesia kena gempa 8000 kali dalam setahun

Kondisi geografis Indonesia yang berada pada wilayah ring of fire mengakibatkan dalam setahun negara ini bisa mengalami banyak gempa bumi. 8.000 gempa bumi yang terjadi dalam setahun tersebut memiliki kekuatan di atas empat skala richter.

Dari data USGS Earthquake menyebutkan intensitas gempa Indonesia jauh lebih sering dibandingkan gempa bumi di Jepang, Rusia dan Iran, terlihat dari intensitas gempa terjadi sejak tahun 2000 hingga ke tahun 2010 tercatat 80 kali gempa kuat yang merusak ataupun yang dirasakan langsung oleh masyarakat dengan kekuatan 6.0-9.0 SR. Data BMKG juga mencatat posisi Indonesia paling sering mengalami gempa dahsyat hingga dalam setahun mencapai 870.000 gempa.

Frekuensi gempa bumi memang meningkat bukan saja di Indonesia tapi di seluruh dunia. Analisis atas lebih dari 386.000 gempa bumi antara tahun 1973 hingga 2007 yang direkam oleh pangkalan data Survei Geologi AS membuktikan bahwa energi tahunan global gempa bumi mulai meningkat sangat cepat sejak tahun 1990.

Membaca tentang gempa jadi ingat hadist berikut ini:

Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu, katanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda."Artinya : Tidak akan datang Kiamat sehingga banyak terjadi gempa bumi" [Shahih Bukhari, Kitab Al-Fitan 13 : 81-82]




Baca juga:
http://www.antaranews.com/berita/1290936591/indonesia-alami-8000-gempa-bumi-dalam-setahun
http://waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=158778:-relaksasi-gempa-masih-mengancam-&catid=25:artikel&Itemid=44
earthquake.usgs.gov
www.bmkg.go.id

semoga semua itu selalu mengingatkan kita untuk selalu dekat denganNya ^^

Sore Sob.. apa kbr nie?

Widih.... sampe sigitunya tuh Sob... parah juga ya Indonesia hhe... pantes klo gempa ganti2an... smoga bisa berkurang intensitasnya Amin...

Happy blogging n semangat :P

@Inge: Yup
@Ferdinand : Kabar Alhamdulillah Baik aja sob.. Iya Indonesia memang rawan gempa. Kayaknya malah bertambah sob bukan berkurang.

mmm dihubungkan dengan kiamat....bisa juga asal dengan tepat penempatannya,...pemahaman bahwa ada hikmah dibalik itu semua.

indonseia segitu, gimana negara jepang ya

slamsobat
benar Idonesia dalam setahun 8000 kali gempa,
saya juga saat mudik kemarin merasakan gempadi Yogya..

salam sahabat
saya tidak bisa menanggapi mas indonesia kena gempa 8000 kali,semoga aman aman saja wes.makasih infonya

wah banyak sekali sampai 8000 ya
bisa rontok tanah ini

salam sahabat 8000 banyak sekali ya sob

memang kiamat itu bukanlah sebuah kejadian yang datang tiba-tiba melainkan melalui proses alam, dimana gunung meletus satu-persatu, banjir dan gempa bumi terjadi saling bergantian hingga pada akhirnya tamatlah bumi ini.

salut buat yang rajin ngitung gempa :D hehehe...

Astagfirulloh...
moga dilindungi dari bencana. amin..

sepertinya gempa masih akan berlanjut he he.. tapi ya mungkin memang sudah 'waktunya', makasih infonya.. kabuur

mari kita bertaubat sob :)

Met pagi Sob.... aku datang rutin hhe.... hemm gak cuma gempa Sob.. terkahir aku baca ada longsor tuh di Jawa Timur hho...

betul gan... kondisi negara kita dg byknya gunung di sepanjang pulau.. membuat seringkali terjadi bencana gunung meletus... blm lagi gempa bumi & tsunami..

btw dah gw FOLLOW gan.. ats nm WONG.. FOLLOW balik ya.. ;)

itu berarti catatan gempa dalam berbagai skala ya? sampai banyak sekali...
moga makin mendekatkan kita pada Sang Pencipta. amin.

ini menjadi peringatan buat kita semua.

abis mbaca hadis rosul
berarti udah mo kiamat ya
soalnya udah terjadi gempa 8000 kali.
Astagrifulloh...

Wahh banyak amat sampe 8000 kali ...



Toko tanaman online
Jual bermacam-macam tanaman
Kebunbibit.id

Template Toko Online
Template Wordpress khusus bagi Anda yang ingin membuat Toko Online
www.oketheme.com

Online Shopping @ LAZADA
Belanja online elektronik, fashion, HP, tablet, laptop, komputer
www.lazada.co.id

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting dan domain Murah
www.niagahoster.co.id

Ads by friendblogger