gravatar

Bayar zakat

Tidak terasa Idul Fitri sebentar lagi. Sebelum Idul fitri umat Islam diwajibkan untuk membayar zakat fitrah.
Zakat fitrah adalah mengeluarkan satu shaa (sekitar 2,5 kg) makanan pokok manusia. Kalau di Indonesia karena makanan pokoknya adalah beras berarti zakat ftrahnya berupa 2,5 kilogram beras per jiwa sesuai dengan beras yang dikonsumsi setiap harinya. Kalau biasanya makan beras yang mahal maka zakat fitrahnya harus beras yang mahal sesuai dengan beras yang dimakan sehari-hari.

Selain zakat fitrah kita juga diwajibkan membayar zakat maal. Zakat maal wajib jika harta kita sudah sampai nishab dan haulnya. Nishab emas adalah 20 dinar (85 gram emas murni). Jika telah mencapai nishab dan telah berlalu satu haul (1 tahun) berarti telah terkena wajib zakat, yakni sebesar 2,5 %. Untuk Harga emas terbaru bisa dilihat di website www.logammulia.com . Buat teman-teman yang kesulitan menghitung zakat maal bisa menggunakan Widget Kalkulator zakat di bawah ini. Klik saja tombol Kalkulator zakat.


udah siap2 blm Sob..... se-kresek beras

lebih diutamakan yg zakat fitrahnya

salam sahabat
ehm saya juga sydah siap mengikuti ka damar hehehe....semoga amal ibadah kita diterima yuach makasih

@Ka Damar: Yup aku ud bayar ke mushalla terdekat
@wc-sekolah: dua-duanya wajib tapi kalo belum hartanya belum sampai nishab ya zakat mall nya enggak wajib (aku aja belum sampe nisab tuh). Kalo di hitung harga emas sekarang 366.000 berarti nisabnya Rp.31.110.000,-
@Dhana:salam sahabat juga.. amin

Alhamdulillah sudah dibayarkan zakatnya...

aha...terima kasih kalkulatornya

Yang penting ikhlas dan ndak memaksakan diri. Juga ndak berhenti berdoa agar apa yang sudah kita beri, menjadi berkah untuk orang-orang yang seharusnya menerimanya.

yg dimaksud emas murni, emas 24K?
kalau bukan 24K ngitungnya gimana?

alhamdulillah sudah bayar zakat...
makasih kalkulatornya.

makasih artikelnya, sangat bermanfaat.
semoga amalan kita diterima Allah SWT. amiinnn.

@COMPLETE:Alhamdulillah
@Sempulur: Sama-sama
@Agung Pushandaka: ikhlas dan sesuai aturan biar zakatnya jadi berkah.
@narti: emas 24 karat itu hanya untuk menghitung berapa nishab zakat dalam hal ini 85 gram emas. Nah kalau punya harta melebihi nilai 85 gram emas itu berarti sudah wajib bayar zakat maal.
Kalau memiliki emas atau perhiasan coba dihitung berdasar harga pasaran yang ada saat itu.
@gp: ok sama2
@sda: Amin

Sukron katsiron akhi. Minal ‘Aidin wal Faizin. Mohon ma'af lahir dan batin. Taqobalallahu minnaa wa minkum. Shiyamanaa wa shiyamakum.

pembagian zakat masih tar malem, langsung deh asaya cek



Toko tanaman online
Jual bermacam-macam tanaman
Kebunbibit.id

Template Toko Online
Template Wordpress khusus bagi Anda yang ingin membuat Toko Online
www.oketheme.com

Online Shopping @ LAZADA
Belanja online elektronik, fashion, HP, tablet, laptop, komputer
www.lazada.co.id

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting dan domain Murah
www.niagahoster.co.id

Ads by friendblogger